Find Us On Social Media :

Tentang Autisme

By J.B. Satrio Nugroho, Selasa, 27 Maret 2012 | 06:08 WIB

Tentang Autisme

Intisari-Online.com - Kita sering mendengar istilah autisme. Masalahnya tak jarang pengertian kita salah. Misalnya menyebut penderita autisme. Nah, sebelum melangkah lebih jauh, ayuk samakan persepsi soal autisme ini.

  1. Apa itu autisme?

    Autisme, atau gangguan spektrum autistik (autistic spectrum disorder), adalah gangguan perkembangan kompleks yang gejalanya muncul sebelum anak berusia 3 tahun. Gangguan ini mempengaruhi proses perkembangan anak. Akibatnya, anak tidak dapat secara otomatis belajar berinteraksi dan berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya, sehingga seolah-olah ia hidup dalam dunianya sendiri.

  2. Apa gejalanya?

    Gejala individu autistik yang muncul adalah gangguan interaksi kualitatif, gangguan komunikasi yang tidak coba diatasi dengan komunikasi non-verbal, dan perilaku repetitif terbatas dengan pola minat, perilaku, dan aktivitas berulang.

    Mengingat variasi gejala yang sangat beragam di tiap individu, maka gangguan ini disebut Autistic Spectrum Disorder, untuk menekankan fakta bahwa varian tampilan gangguan perkembangan ini sangat banyak, ibarat sebuah spektrum.

  3. Apa penyebabnya?

    Sampai kini, belum ditemukan penyebab pasti. Negara-negara yang pernah melakukan penelitian mendapatkan hasil bahwa penyebab gangguan perkembangan ini merupakan kombinasi antara faktor genetik dan berbagai paparan negatif dari lingkungan.

  4. Siapa yang berhak menentukan bahwa seseorang itu menyandang autisme?

    Kondisi autisme ditentukan melalui tahapan wawancara mendalam dengan orang-orang yang mengasuh anak dan paham akan perkembangan anak pada tiga tahun pertama kehidupannya. Selain itu, dilakukan juga observasi terhadap anak itu. Interaksi dengan anak tersebut juga dilakukan oleh penguji selama beberapa waktu, untuk melihat pola perilaku serta gejalanya.

  5. Apa saja penanganan yang tersedia bagi individu autistik di Indonesia?

    Berbagai terapi terbukti mampu meningkatkan kualitas hidup individu autistik. Terapi yang tersedia di Indonesia, di antaranya terapi perilaku, terapi wicara, terapi komunikasi, terapi okupasi, terapi sensori integrasi, pendidikan khusus, penanganan medikasi dan biomedis, serta diet khusus.

    Penanganan lain, seperti integrasi auditori, hiperbarik oksigen, pemberian suplemen tertentu, sampai terapi dengan lumba-lumba juga tersedia di beberapa kota besar di Indonesia.