Find Us On Social Media :

Nama Anda, Sukses Anda?

By Agus Surono, Senin, 2 April 2012 | 07:00 WIB

Nama Anda, Sukses Anda?

Intisari-Online.com - Apakah nama tengah Anda mengandung arti sebuah ambisi? Meskipun tidak, nama Anda bisa jadi membantu Anda memperoleh karier yang Anda inginkan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di The Journal of Experimental Social Psychology menemukan bahwa nama yang mudah diucapkan ditanggapi dengan lebih positif dibandingkan dengan nama yang susah diucapkan. Kondisi ini dikenal dengan nama “efek pengucapan nama”.

Penelitian yang dilakukan di firma hukum ini menunjukkan bahwa orang dengan nama yang sama yang mudah diucapkan memiliki posisi karier yang lebih tinggi. Hasilnya tentu tak akan berbeda jika diterapkan ke profesi lain.

Menurut peneliti itu, pengucapan yang gampang akan menciptakan kesan yang positif itu tak hanya berlaku pada nama orang, tapi juga nama-nama saham atau nama-nama obat. Hanya saja, jika berkaitan dengan nama saham atau obat-obatan kita bisa mengontrol apa yang akan kita pilih. Tidak begitu dengan nama.

Hanya saja, apakah kita benar-benar berpikir bahwa Smith bekerja lebih baik secara profesional dibandingkan Tahmincioglu? Nah, sukses profesional Anda tergantung pada hal-hal seperti kecakapan wawancara, perilaku profesional Anda, dan komitmen terhadap pekerjaan. Sangat menarik untuk berspekulasi, namun jangan menanggalkan nasib Anda di nama Anda.