Find Us On Social Media :

Google Peringati Pelopor Sinematografi

By Agus Surono, Senin, 9 April 2012 | 12:43 WIB

Google Peringati Pelopor Sinematografi

Intisari-Online.com - Hari ini, 9 April 2012, jika Anda membuka laman Google, akan terlihat frame-frame orang berkuda. Lalu ketika kursor diarahkan ke gambar tersebut akan muncul tulisan "Eadweard J. Muybridge's 182nd birthday". Memang, bukan kali ini Google mengubah tampilan halaman depannya. Sudah beberapa kali, tapi tidak setiap kali. Jadi, pasti ada sesuatu orang yang ditampilkan. Siapa Eadweard J. Muybridge?

Muybrigde lahir pada tahun 1830 dan meninggal pada 1904. Ia merupakan seorang fotografer Inggris keturunan Belanda yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di Amerika Serikat. Darinya kita mengenal film. Dia juga pencipta zoopraxiscope, sebuah perangkat untuk memproyeksikan gambar bergerak sebelum munculnya kamera film modern.

Pada tahun 1872, mantan Gubernur California Leland Stanford, yang juga pemilik usaha pacuan kuda, memperdebatkan apakah keempat kaki kuda diangkat secara bersamaan selama berlari.

Lukisan kuda berlari dengan kecepatan penuh kebanyakan memperlihatkan keempat kaki kuda yang menjorok ke dalam atau keluar secara bersamaan sehingga kelihatan tidak menyentuh tanah. Gubernur Stanford menyebutnya “unsupported transit“, dan mengundang Eadweard Muybridge untuk menyelidiki dan menjawab teka teki tersebut.

Untuk membuktikan hal itu, kameradiskzoopraxiscopegambar diamgambar bergeraksinematografi

Hasilnya bisa dilihat di video berikut: