Find Us On Social Media :

Bayi Ini Lahir Dengan 6 Kaki

By K. Tatik Wardayati, Senin, 23 April 2012 | 17:16 WIB

Bayi Ini Lahir Dengan 6 Kaki

Intisari-Online.com – Ada keganjilan pada bayi laki-laki yang lahir di Pakistan baru-baru ini. Jika manusia biasanya memiliki sepasang kaki, bayi mungil ini dianugerahi dengan tiga pasang kaki. Para ahli medis telah mendiagnosis kondisi genetik yang langka ini, disebut kembar parasit.

Seperti dilaporkan Daily Mail,, bayi ini harusnya lahir dengan kembarannya. Namun, saudara kembarnya lahir prematur dan tidak lengkap, sehingga bayi ini akhirnya lahir dengan kaki tambahan. “Bayi ini hanya memiliki dua kaki, kaki yang lainnya adalah kaki saudara kembarnya,” kata Jamal Raza, Direktur Institut Nasional Kesehatan Anak di Karachi.

Jamal mengatakan, tim dokter berencana untuk melakukan operasi untuk  bayi ini. Tim dokter di Pakistan akan melibatkan sejumlah ahli bedah dari seluruh dunia yang memiliki pengalaman lebih menghadapi kondisi yang jarang terjadi ini.

“Sebelumnya, kita harus tahu apakah bayi ini memiliki anggota badan lainnya dari saudaranya atau tidak. Kita juga harus mempertimbangkan berapa banyak organ dalam yang telah berkembang. Ini bisa mempersulit masalah dan mengurangi kemungkinan kelangsungan hidup si bayi.”

Kembar parasit biasa dikenal sebagai kembar siam yang tidak setara. Hal ini bisa terjadi ketika embrio kembar mulai berkembang di dalam lahir. Sayangnya, kembar ini tidak sepenuhnya dipisahkan. Satu embrio terus tumbuh dengan mengorbankan embrio kembarannya. Sebagai parasit, embrio akan bergantung pada tubuh saudaranya sebagai pasokan darah dan fungsi organ. Dia tidak berkembang sepenuhnya dan akan selalu bergantung pada saudara kembarnya.

Kondisi yang mempengaruhi bayi bernama Umar Farooq diyakini hanya terjadi pada satu dalam satu juta kelahiran di duia. Januari lalu, seorang anak di Peru juga harus menjalani operasi untuk menghapus kembar parasit dalam perutnya.