Find Us On Social Media :

Kereta "Nakal", Perjalanan Batal

By Agus Surono, Selasa, 8 Mei 2012 | 18:24 WIB

Kereta

Intisari-Online.com - Tanggal 24 Agustus 1983, kereta api Amtrak Silver Meteor berangkat sesuai dengan rutenya dari Miami ke New York. Pukul 19.40 di Savannah, kereta itu menabrak sampai tewas seorang wanita yang sedang memancing di jembatan. Pukul 21.30, cuma 27 km dari sana, kereta itu menabrak lagi dan menghancurkan sebuah truk yang diparkir dekat rel di Ridgeland. Para awak kereta begitu terguncang oleh kecelakaan-kecelakaan itu sehingga pimpinan mereka memutuskan untuk mengganti para awak.

Pukul 01.10 keesokan paginya, kereta itu menabrak trailer penarik traktor di persimpangan jalan di Rowland dan dua gerbong menumpang anjlok, sehingga 21 penumpang perlu dikirim ke rumah sakit, termasuk masinis. Sekali lagi pimpinan Amtrak mengganti awak kereta dan kereta pun melanjutkan perjalanan. Pukul 02.57 di Kenly, kereta menyeruduk sebuah mobil yang mengabaikan lampu isyarat di perempatan jalan lain.

Dewan Keamanan Transpor Nasional turun tangan. Mereka tidak mempunyai alasan untuk meragukan mutu mesin atau kemampuan para awak. Jadi, mereka menyatakan Amtrak 117 sebagai "kereta nakal" dan membatalkan sisa perjalanan. (136 Incredible Coincidences)