Find Us On Social Media :

Mengenal Jenis-jenis Cokelat

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 17 Mei 2012 | 17:32 WIB

Mengenal Jenis-jenis Cokelat

Intisari-Online.com – Ahli patologi menemukan banyak manfaat yang dapat diambil dari cokelat. Cokelat terbuat dari biji kakao yang kaya akan kandungan flavonoid yang juga ditemukan pada daun teh. Sampai sekarang, lebih dari 4.000 macam flavonoid telah diidentifikasi.

Tanaman ini mensintesis senyawa dari asam amino fenilalanin dan asetat. Flavonoid berperan sebagai antioksidan, menetralkan efek buruk radikal bebas yang dapat menghancurkan sel-sel dan jaringan tubuh. Sekitar 42,5 gram cokelat hitam memiliki sekitar 800 miligram antioksidan, setara dengan secangkir teh hitam. Temuan baru ini menunjukkan flavonoid dan senyawa-senyawa yang penting untuk kesehatan.

Selain flavonoid, cokelat mengandung theobromine, senyawa alkaloid sebagai stimulan ringan yang dapat merangsang sel saraf yang menimbulkan perasaan senang dan segar. Selain sebagai stimulan, theobromine dipercaya memiliki efek membangkitkan suasana hati. Senyawa ini mendorong tubuh mengeluarkan senyawa lain yang dapat menimbulkan perasaan nyaman dan mengurangi stres. Banyak orang, terutama wanita, makan cokelat untuk tujuan ini. Setelah mengasup cukup banyak cokelat, biasanya mereka akan merasa lebih tenang. Berikut ini beberapa jenis cokelat dan manfaatnya.