Penulis
Intisari-Online.com - Itulah yang terungkap dari hasil penelitian oleh lembaga riset Nielsen. Bertajuk "Nielsen Shopper Trends Report 2012", penelitian itu mengungkapkan bahwa 61 persen konsumen lebih memilih diskon, 21 persen memilih hadiah langsung, 15 persen memilih beli 1 gratis 1, dan hanya 1 persen yang memilih mengumpulkan poin serta undian berhadiah.Lebih lanjut, seperti yang diungkapkan oleh Executive Director Consumer Research Shopper Practice Lead Nielsen Indonesia Karmelia Nurdjalim kepada Kompas, sebanyak 48 persen konsumen Indonesia aktif mencari promosi. Faktor harga masih menjadi pertimbangan terbesar konsumen Indonesia.Dikatakan oleh Karmelia, sebanyak 59 persen konsumen mempertimbangkan harga barang kebutuhan sehari-hari, dan 24 persen mengaku bahwa mereka tahu semua harga barang kebutuhan sehari-hari yang mereka beli secara teratur.Selain menyukai diskon, penelitian itu juga menemukan hasil bahwa konsumen Indonesia lebih memilih berbelanja di toko yang sama dan enggan berpindah ke toko lain (sekitar 69 persen responden). Sedangkan 55 persen berpendapat bahwa semua toko grosir sama saja. Hanya 13 persen responden yang memilih berpindah toko karena promosi yang ditawarkan.Temuan menarik lainnya, toko tradisional masih menjadi tempat yang sering disambangi. Sementara frekuensi kunjungan ke pasar basar dan penggunaan gerobak sayur meningkat!