Find Us On Social Media :

Obesitas Banyak Terjadi pada Anak Tunggal

By Ade Sulaeman, Rabu, 29 Agustus 2012 | 16:00 WIB

Obesitas Banyak Terjadi pada Anak Tunggal

Intisari-Online.com - Anda memiliki anak tunggal? Perhatikanlah berat badannya karena bisa saja dia mengalami obesitas. Maklum, anak yang tinggal sendirian tanpa memiliki kakak atau adik cenderung memiliki risiko lebih besar mengalami kelebihan berat badan dibandingkan anak-anak yang memiliki kakak atau adik.

Suatu penelitian yang dilakukan di Eropa menunjukkan bahwa anak-anak berusia 2-9 tahun yang tidak memiliki kakak atau adik cenderung memiliki berat badan 50 persen lebih berat dibandingkan anak-anak yang memiliki kakak atau adik.

Bahkan temuan ini diperoleh setelah para peneliti juga memperhitungkan faktor-faktor lain yang dianggap dapat mempengaruhi berat badan anak, seperti jenis kelamin, berat anak saat lahir, berat orang tua, dan total waktu yang dihabiskan anak-anak tersebut untuk bermain atau menonton televisi.

Ternyata, “Menjadi anak tunggal dapat menjadi faktor risiko seorang anak untuk mengalami kelebihan berat badan,” ujar salah satu peneliti, Monica Hunsberger dari University of Gothenburg di Swedia.

Penelitian ini dilakukan terhadap 12.700 anak-anak di delapan negara Eropa seperti Swedia, Italia, Jerman dan Spanyol. Indeks massa tubuh anak-anak tersebut kemudian diukur. Orangtua anak-anak ini juga ditanyai tentang kebiasaan makan, kebiasaan menonton televisi, dan waktu yang dihabiskan untuk bermain di luar rumah dari anak-anak mereka.

Ke depan, diharapkan ada penelitian yang mampu menunjukkan alasan hubungan antara keberadaan kakak atau adik bagi seorang anak dengan berat badan mereka. (MyHealthNewsDaily)