Find Us On Social Media :

Waspadai Macam-macam Polusi Ini!

By Nur Resti Agtadwimawanti, Kamis, 30 Agustus 2012 | 17:00 WIB

Waspadai Macam-macam Polusi Ini!

Intisari-Online.com - Polusi merupakan kontaminasi lingkungan yang biasanya disebabkan oleh manusia. Kebanyakan orang mungkin berpikir bahwa polusi disebabkan limbah kimia yang dialirkan ke sungai, atau muntahan racun pabrik ke udara. Ya, itu pun bisa termasuk polusi, polusi air dan udara.

Faktanya, dampak kesehatan dari polusi mempengaruhi lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia - lebih luas daripada pandemi global seperti AIDS. Di beberapa tempat terburuk yang tercemar, bayi lahir dengan cacat, anak-anak telah kehilangan 30 sampai 40 poin IQ, dan harapan hidup mungkin sekitar 45 tahun karena terserang kanker dan penyakit lainnya.

Seperti dilansir dari livescience.com, berikut macam-macam polusi:

Nah, berikut ini ada fakta menarik tentang polusi:

  1. Amerika Serikat menghasilkan 30 miliar cangkir busa, 220 juta ban, dan 1,8 miliar popok sekali pakai setiap tahun.
  2. Empat puluh persen sungai dan 46 persen danau di Amerika Serikat terlalu tercemar untuk memancing, berenang, atau kehidupan di air.
  3. Menurut WHO, diperkirakan 6.400 orang meninggal setiap tahun di Mexico City dan lebih dari 1 juta menderita masalah pernapasan permanen karena polusi udara.
  4. Sungai Mississippi mengalir hampir di 40 persen daratan AS. Hal ini juga membawa sekitar 1,5 juta ton metrik polusi nitrogen ke Teluk Meksiko setiap tahun dan menghasilkan zona mati setiap musim panas.
  5. Polusi di Cina dapat mengubah pola cuaca di Amerika Serikat. Hanya butuh waktu lima hari untuk membawa polusi udara berat dari Cina ke Amerika Serikat.