Find Us On Social Media :

Cara Memilih Sikat Gigi

By K. Tatik Wardayati, Senin, 3 September 2012 | 11:00 WIB

Cara Memilih Sikat Gigi

Intisari-Online.com – Sikat gigi dengan bulu-bulu sikat yang lembut, lunak, dan berujung bulat merupakan sikat yang baik untuk membersihkan gigi dan gusi. Bulu-bulu sikat yang keras dan kaku cenderung melukai jaringan gusi. Untuk bisa mencapai seluruh gigi, ditentukan oleh ukuran dan bentuk sikat gigi. Ada berbagai ukuran sikat gigi bagi anak dan orang dewasa dengan beragam bentuk bulu-bulu sikat.

Ingat, hanya ujung bulu sikat yang bisa membersihkan, jadi kita tidak perlu terlalu menekan. Gantilah sikat gigi setiap 3 – 4 bulan atau lebih cepat jika bulu sikatnya sudah tidak tegak lurus lagi. Karena kita membutuhkan bulu sikat yang dapat secara efektif membersihkan plak, bakteri, dan gula dari permukaan gigi dan gusi. Bulu sikat yang sudah tidak lurus lagi menjadi pertanda sikat sudah harus diganti.

Sikat gigi listrik dengan bagian bulu sikat yang bisa berputar atau bergetar untuk membantu menghilangkan plak kini sangat populer di pasaran. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sikat gigi listrik yang dipakai secara benar dapat menghilangkan plak dan memperbaiki kesehatan jaringan gusi dibandingkan dengan sikat gigi manual. Selain itu, sikat gigi listrik mungkin lebih mudah dipakai bagi penderita artritis atau orang yang tidak memiliki keterampilan tangan, karena mereka mengalami kesulitan menyikat gigi dengan benar. Sikat gigi listrik juga efektif bagi para pengasuh yang bertugas menyikat gigi orang lain.

Meskipun sikat gigi listrik mungkin lebih efisien, tapi kita tetap bisa memiliki mulut yang sehat bila menggunakan sikat gigi manual dengan benar – selain harganya pun jauh lebih murah. Jika bingung memutuskan sikat gigi mana yang terbaik, mintalah rekomendasi dari dokter gigi Anda. (Mayo Clinic Family Health Book)