Find Us On Social Media :

Semakin Pede, Usaha Semakin Sukses

By Ade Sulaeman, Minggu, 21 Oktober 2012 | 12:14 WIB

Semakin Pede, Usaha Semakin Sukses

Intisari-Online.com - Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa pegawai yang percaya diri memiliki karier yang lebih sukses dibandingkan karyawan yang meragukan kemampuan dirinya. Para peneliti dari University of Melbourne, Australia, menemukan adanya korelasi yang kuat antara sikap percaya diri dengan kesuksesan dalam bekerja.

Temuan ini diperoleh setelah para peneliti mewawancarai 100 orang pegawai yang bekerja di perusahaan-perusahaan besar di Melbourne, New York, dan Toronto. Para pegawai ini ditanyai tingkat kepercayaan diri mereka sejak mereka duduk di sekolah dasar hingga mereka bekerja.

Ternyata, hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang melaporkan dirinya memiliki kepercayaan diri yang tinggi sejak awal sekolah memiliki gaji yang lebih besar dan kerap dipromosikan dengan cepat.

Reza Hasmath dari University of Melbourne's School of Social and Political Sciences yang juga menjadi kepala penelitian ini menyatakan bahwa penelitian ini berhasil menunjukkan bahan penting untuk sebuah kemajuan kerja.

“Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi lebih besar, yaitu dalam memutuskan menerima atau mempromosikan seorang pegawai, perusahaan harus melihat sikap percaya diri dari pegawai atau calon pegawai tersebut,” papar Hasmath.

Peneliti-peneliti tersebut juga mengatakan temuan ini memberi sebuah “cahaya baru” dari penelitian-penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa mereka yang lebih tampan cenderung memiliki karier yang baik atau mereka yang lebih tinggi cenderung memiliki gaji yang lebih tinggi pula. Menurut Hasmath, dengan wajah yang lebih tampan dan tubuh yang lebih tinggi, maka seseorang akan cenderung memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi.

Temuan lainnya dari penelitian ini adalah para pekerja yang mendeskripsikan dirinya sebagai orang yang ekstovert, neurotic, terbuka terhadap tantangan (yang juga menjadi ciri-ciri pekeja keras), ternyata lebih mudah untuk termotivasi dan memiliki karier yang sukses. (BusinessNewsDaily)