Find Us On Social Media :

Ketika Anjing Mengendarai Mobil

By Ade Sulaeman, Senin, 10 Desember 2012 | 17:56 WIB

Ketika Anjing Mengendarai Mobil

Intisari-Online.com - Porter, Ginny dan Monte merupakan anjing-anjing yang diselamatkan dari jalanan dan dirawat di Auckland Society for the Prevention of Cruelty to Animals (SPCA Auckland). Untuk membuktikan bahwa anjing-anjing yang seperti mereka sama pintar dan sama patuhnya dengan anjing-anjing peliharaan, seorang pelatih anjing mengajarkan anjing-anjing tersebut mengemudikan sebuah mobil Mini Cooper yang sudah dimodifikasi.

“Terkadang orang-orang berpikir hewan buangan yang mereka temukan di jalanan sebagai hewan kelas dua,” ujar Christine Kalin, CEO SPCA Auckland. Anjing-anjing dapat mencapai hal-hal yang menakjubkan meski hanya berlatih dalam waktu delapan minggu. Hal tersebut menunjukkan bagaimana lingkungan yang baik mampu memunculkan banyak potensi dari anjing-anjing buangan tersebut, sama seperti anjing peliharaan.

Mark Vette, seorang pelatih anjing setempat memilih tiga anjing dari penampungan dan mulai melatih mereka di dalam ruangan. Anjing-anjing tersebut dilatih menggunakan sebuah gerobak yang dimodifikasi dengan kemudi, rem, gas, dan perseneling yang ditaruh secara terpisah.

Ternyata anjing-anjing tersebut (dengan kecerdasan, keinginan untuk senang dan rasa “tak terpadamkan” untuk dirawat) belajar dengan sangat cepat. Setelah latihan selama tujuh minggu, ketiga anjing ini dianggap “lulus” dari latihan di dalam ruangan dan siap untuk berlatih dengan mobil sebenarnya di luar ruangan dengan jalur yang terbatas.

Kurva percepatan belajar anjing tersebut mungkin tidak menjadi sebuah kejutan bagi para pecinta anjing: Penelitian menemukan bahwa rata-rata anjing memiliki kecerdasan yang sama dengan anak berusia 2 tahun. Sebagai tambahan, hasil pindai otak anjing mengonfirmasi teman terbaik manusia tersebut memiliki kemampuan untuk memahami dan merespon perintah manusia, ataupun sinyal yang lain.

Agar anjing secara bertahap dapat mempelajari tugas yang kompleks, para pelatih menggunakan suatu urutan pelatihan intuitif. “Dalam kasus ini, kita memiliki 10 perilaku yang kita susun bersama. Kemudian dilatih secara satu persatu sebagai sebuah urutan,” papar Vette.

Pada 10 Desember nanti, Porter, seekor anjing Beardie Cross berusia 10 bulan yang ditemukan terbuang di jalanan, akan mendemonstrasikan kemampuan mengemudinya di stasiun televisi nasional. Kalin berpesan “Satu harapan kita melalui kampanye ini adalah peningkatan jumlah anjing yang diadopsi, tidak terjadi hanya dalam beberapa bulan ke depan tapi dalam jangka waktu yang lebih lama.” (LiveScience)