Find Us On Social Media :

Beda ‘Tour Leader’ dan ‘Tour Guide’

By Ade Sulaeman, Jumat, 1 Februari 2013 | 11:14 WIB

Beda ?Tour Leader? dan ?Tour Guide?

Intisari-Online.com - Sekilas, baik tour leader dan tour guide tampak tidak ada bedanya, sama-sama mendampingi wisatawan di suatu tujuan wisata. Ternyata tugas mereka berbeda. Tour leader harus mengurusi segala macam kebutuhan tamu seperti pembelian dan pemesanan tiket pesawat, pemilihan dan booking hotel, serta menyediakan transportasi di lokasi wisata.

Sedangkan tour guide bertugas menjelaskan sejarah atau cerita dari lokasi wisata yang dikunjungi. "Juga membantu tamu atau tour leader untuk menggunakan bahasa lokal ketika mengurusi tiket atau hotel,” jelas Meity.

Ada semacam tingkatan dari para tour leader, tergantung sejauh mana negara yang menjadi tujuan wisata. Untuk tour leader di tingkat awal, mereka biasanya hanya mengantar tamu ke wilayah Asia karena, “Masih mirip dengan Indonesia. Baik itu makanan maupun fasilitas lainnya,” Meity memaparkan.

Tingkat di wilayah Asia ini pun masih dibagi kembali. Tour leader harus mengawali tugasnya di wilayah Asia Tenggara, baru kemudian ke Jepang dan Korea. Mereka yang mengantar tamu ke Cina sudah berada di tingkat selanjutnya.

Kemudian secara berturut-turut Australia dan Turki. Baru setelah itu tour leader diperbolehkan mengantar tamunya ke Eropa maupun Amerika. Maklum, semakin jauh dari Indonesia, maka semakin banyak hal yang berbeda, baik makanan, fasilitas maupun kebiasaan penduduk lokal.