Find Us On Social Media :

Meneduhkan Bumi dengan Tabir Surya?

By Rusman Nurjaman, Senin, 27 Mei 2013 | 11:00 WIB

Meneduhkan Bumi dengan Tabir Surya?

Intisari-Online.com - Penggunaan bahan bakar fosil membuat pemanasan global menjadi tak terkendali. Menurut sejumlah ilmuwan, kita memerlukan rencana cadangan, yaitu tabir surya raksasa yang dapat menyejukkan sekujur Bumi.

Sebagian orang menyebut ide ini sebagai keangkuhan; sebagian lain menyebutnya gagasan yang bagus. Namun ide bahwa kita mungkin dapat mengatasi pemanasan global dengan sengaja merekayasa iklim yang lebih sejuk - misalnya dengan membangun semacam tabir surya raksasa yang menaungi planet ini - belakangan menjadi pandangan ilmiah yang didukung banyak orang. Saat ini, tanpa disengaja kita juga sudah mengubah iklim, begitu kata para pendukung rekayasa Bumi; jadi mengapa tidak sekalian saja kita lakukan sesuatu secara sadar dan cerdas untuk menghentikan pemanasan global?

Tunggu dulu, kata sebagian lain. Pemanasan global menunjukkan bahwa pemahaman kita mengenai Bumi terlalu kecil untuk bisa merekayasanya. Akibatnya, upaya ini berisiko memunculkan dampak tak terduga dan berbahaya. Kedua kubu sama-sama khawatir bahwa fakta di lapangan - permukaan laut yang naik, es yang meleleh, panen yang gagal - mungkin akan menghentikan rekayasa Bumi.

“Jika suatu negara mulai sadar bahwa hal ini penting bagi mereka dan mereka mempunyai kemampuan membangun tabir surya itu, tampaknya mustahil mereka tidak mewujudkannya,” kata pakar iklim Ken Caldera. (National Geographic)