Find Us On Social Media :

Triliunan Dolar Hilang Karena Malnutrisi

By Mohamad Takdir, Jumat, 7 Juni 2013 | 08:00 WIB

Triliunan Dolar Hilang Karena Malnutrisi

Intisasri-Online.com - Malnutrisi merugikan dunia AS$3,5 triliun atau AS$500 (sekitar Rp4,5 juta) per orang. Ini untuk bidang kesehatan dan produktivitas yang hilang. Laporan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ini juga memasukan mereka yang kelebihan berat badan dan yang kurang berat badan sebagai elemen yang menyebabkan kerugian tersebut.

Selain itu laporan tersebut juga memunculkan fakta bahwa sepertiga makanan yang dikonsumsi manusia terbuang percuma. "Malnutrisi sangat merugikan manusia dari segi ekonomi dan kemanusiaan. Kita harus menguranginya," ujar Graziano da Silva, direktur jendral Food and Agricultural Organisation (FAO). Lebih lanjut, ongkos untuk kelebihan berat badan yang membuat risiko terkena serangan jantung bisa mencapai AS$1,4 triliun per tahun.

Laporan PBB ini menganjurkan penelitian, investasi dan kebijakan baru untuk meningkatkan keadaan pertanian di dunia yang berhubungan langsung dengan pangan. Malnutrisi selain membahayakan secara ekonomis juga secara kemanusiaan membuat banyak anak di dunia menjadi lemah secara fisik serta tidak begitu cerdas. (The Independent)