Find Us On Social Media :

Cara Memperoleh Sperma Berkualitas

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 24 Desember 2016 | 18:31 WIB

Cara Memperoleh Sperma Berkualitas

Intisari-Online.com - Terapi kesuburan acap kali mengharuskan dokter memeriksa kualitas sperma kaum pria. Saran yang biasa kita dengar: untuk memiliki kualitas sperma yang cukup, sebaiknya sang pria tidak mengalami ejakulasi antara dua – lima hari.

(Bagaimana Menjaga Kesehatan Sperma?)

Pada sisi lain, beberapa studi juga menunjukkan, volume dan konsentrasi sperma bertambah sejalan dengan lamanya seorang pria tidak ejakulasi. Makin jarang ejakulasi, jumlah sperma makin banyak, dan konsentrasinya juga makin pekat.

Masalahnya, kualitas sperma belum tentu menjamin keberhasilan kehamilan. Ada aspek lain yang juga menentukan, yakni motilitas alias kelincahan sang sperma untuk menyerbu organ reproduksi perempuan menuju sel telur. Kehamilan batal terjadi seirng kali karena sperma loyo.

(Penelitian: Nonton TV Terlalu Lama Turunkan Jumlah Sperma)

Nah, kalau kedua aspek – sperma normal dan sperma lincah – itu diperhitungkan dengan aspek kerap atau jarangnya ejakulasi, studi di atas menghasilkan kesimpulan: jumlah sperma normal dan sperma lincah akan berkurang pada pria yang tidak rutin mengalami ejakulasi. Dengan kata lain, frekuensi sanggama yang rutin adalah cara terbaik mempertahankan kuantitas dan kualitas sperma. Banyak penelitian juga menunjukkan, ejakulasi beberapa kali dalam seminggu adalah cara mujarab menghasilkan sperma yang berkualitas dalam jumlah banyak.