Find Us On Social Media :

Timbal Dapat Menurunkan Kesuburan

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 23 Maret 2012 | 11:00 WIB

Timbal Dapat Menurunkan Kesuburan

Intisari-Online.com – Tingginya kadar cadmium (sejenis logam) dalam darah dapat menyebabkan kemandulan. Sebuah penelitian menunjukkan, tingginya logam kadmium pada wanita dan logam timbal pada pria dapat menyebabkan perempuan sulit hamil.

Cadmium adalah logam yang digunakan dalam baterai, pelapis logam, dan plastik. Sumber yang paling kuat dari pemaparan cadmium berasal dari merokok. Sementara sumber paparan timbal termasuk dari cat, tanah, dan air yang terkontaminasi.

Paparan logam-logam beracun dikenal memiliki beberapa efek pada kesehatan manusia, tetapi pengaruhnya terhadap kesuburan manusia belum diteliti secara luas. Penelitian yang dilakukan oleh American National Institutes of Health melibatkan 501 pasangan di Michigan dan Texas yang sedang berusaha untuk hamil.

Perkembangan semua pasangan dipantau selama satu tahun atau sampai kehamilan dikonfirmasi.  Peserta wanita berusia 18 – 44 tahun, sedangkan laki-laki berusia di atas 18 tahun. Dengan menggunakan pengukuran statistik pada konsentrasi logam darah dari para peserta, para peneliti menemukan, di antara wanita, 22% kemungkinan kehamilan menurun dengan meningkatnya konsentrasi cadmium dalam darah. Pada pria, kesuburan menurun 15% dengan kemungkinan meningkatnya konsentrasi timbal dalam darah.

Penelitian tersebut dirilis secara online dan akan diterbitkan dalam jurnal Chemosphere.

“Hasil kami menunjukkan, pria dan wanita yang berencana untuk memiliki anak harus meminimalkan paparan timbal dan logam cadmium,” kata pemimpin peneliti Dr. Germaine Buck Louis, yang juga direktur dari divisi epidemiologi, statistik, dan penelitian pencegahan di National Institute of Child Health and Human Development, Amerika Serikat, dalam rilisnya.

Mereka dapat mengurangi pemaparan cadmium dengan menghindari merokok atau berhenti menjadi perokok, terutama jika pasangan itu menginginkan seorang anak di masa depan. Untuk pria, langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi pemaparan timbal bahan cat ketika merenovasi rumah.