Find Us On Social Media :

Ayo Kenali Oksitosin, Si Hormon Cinta!

By K. Tatik Wardayati, Senin, 20 Januari 2014 | 20:00 WIB

Ayo Kenali Oksitosin, Si Hormon Cinta!

Intisari-Online.com – Oksitosin, obat cinta alam ini memainkan peran penting dalam memelihara hubungan kita, memperkuat persahabatan, membangun kepercayaan, dan pernikahan abadi. Oksitosin dilepaskan dalam menanggapi pelukan, ciuman, belaian, dan kadang-kadang sentuhan sederhana.

“Sebuah pelukan melepaskan oksitosin, yang menyebabkan perasaan kedekatan, keintiman seksual, dan pelepasan oksitosin lebih. Bahkan, orgasme menghasilkan lonjakan hormon ini lebih dari dua kali tingkat normal, jumlah pijaran untuk menenangkan dan mengikat yang lebih besar,” demikian seperti dikutip project-aware.

Dalam sebuah penelitian yang mengukur kadar serum oksitosin pada wanita sebelum dan setelah rangsangan seksual, melaporkan pada Wikipedia, penulis menunjukkan bahwa “oksitosin berperan penting dalam gairah seksual. Penelitian ini menemukan stimulasi saluran genital yang menghasilkan peningkatan oksitosin segera setelah orgasme.”

Estrogen mempermudah efek oksitosin. Ini terjadi terutama pada wanita selama hari-hari ovulasi mereka. Mereka yang memiliki kadar estrogen tinggi, bahkan hanya dengan sentuhan saja akan terangsang.

Kadar estrogen seseorang akan menurun setelah masa menopause. Dalam kasus tersebut, pasangan yang lebih tua dapat mengikuti tips berikut ini.

Nah, bagaimana dengan Anda? (healthmeup)