Find Us On Social Media :

Ingat, Kondom Memang Membunuh Sperma tapi Tak Membunuh HIV!

By K. Tatik Wardayati, Senin, 20 Maret 2017 | 20:00 WIB

Ingat, Kondom Membunuh Sperma tapi Tak Membunuh HIV!

Intisari-Online.com – Coba bayangkan bagaimana rasanya melakukan hubungan seksual dengan perasaan waswas. Khawatir mendapatkan kehamilan yang tidak dikehendaki atau tertular penyakit menular seksual, bahkan HIV/AIDS. Pasti hubungan seksual Anda jadi terasa tidak nyaman.

(Ingin Beli Smartphone yang Paling Pas Buat Kamu? Simak Panduan Ini) Beda kalau Anda pakai kondom. Apalagi saat ini tersedia banyak pilihan kondom, dari bentuk, warna, hingga rasa. Mau kondom yang bisa menyala pun ada.

Apa yang sebaiknya diketahui mengenai penggunaan kondom?

(10 Kesalahan Umum Penggunaan Kondom yang Bisa Berakibat Fatal)

(Meski Punya Banyak Varian, Kondom Jenis Ini Tetap paling Disukai)

Kelihatannya, memakai kondom yang bentuknya mirip balon tiup mainan anak-anak itu mudah dan sederhana. Namun, masih banyak pemakai yang keliru mengenakannya. Misalnya saja, memasang lipatannya terbalik, sehingga kondom tidak bisa terpasang. Supaya bisa dikenakan dengan mudah, gulungannya mesti berada di luar.

Seandainya terjadi salah pasang, segeralah ganti dengan yang baru untuk mencegah kemungkinan adanya cairan sperma yang sudah menempel pada kondom. Kalau penggantian tidak dilakukan, dikhawatirkan kehamilan atau penularan penyakit bisa terjadi.

Kekeliruan lain yang sering terjadi adalah si pria tidak langsung mencabut kondomnya ketika penis masih dalam keadaan ereksi atau tegang. Bila pelepasan kondom dilakukan setelah ereksinya sudah loyo, fungsi kondom sebagai penangkal kehamilan dan penularan penyakit bisa tak tercapai. (Healthy Sexual Life)