Find Us On Social Media :

Melatih Anak Agar Sopan Saat Makan

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 2 November 2011 | 14:00 WIB

Melatih Anak Agar Sopan Saat Makan

Intisari-Online.com – Apakah anak Anda menemukan kesulitan dalam makan, atau tidak sopan saat makan? Anda tidak sendirian. Sebuah survei terhadap 2.000 orang mengungkapkan bahwa satu dari lima orangtua menolak untuk makan di restoran karena malu dengan perilaku anak-anak mereka.

Beberapa perilaku buruk anak-anak saat makan sering membuat orangtua sakit kepala. Dalam survei tersebut, 35% orangtua mengeluh tentang kebiasaan anak-anak mereka yang mengunyah dengan mulut terbuka atau berbicara saat mengunyah makanan.

Sebanyak 34% mengatakan sulit membuat anak mereka tetap diam selama makan. Sebanyak 22% menyatakan bahwa sulit untuk mempertahankan postur anak ketika makan. Sementara 20% menemukan kesulitan dalam mengajar anak mereka menggunakan sendok atau garpu.

Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi perilaku buruk anak-anak ketika makan? Berikut ini beberapa cara untuk melatih perilaku baik anak di meja makan, seperti dilaporkan oleh DailyMail.

  1. Postur tubuh

    Sebelum makan, pastikan tubuh mereka lurus dan tangan tidak menyentuh meja. Berikan saran pada anak dengan lembut untuk makan dengan menutup mulut mereka dan tidak berbicara saat mengunyah. Cobalah gerakan sederhana dengan menempelkan jari telunjuk pada bibir untuk menyuruh mereka diam.

  2. Sendok garpu dengan ukuran kecil

    Ketika makan, gunakan garpu di tangan kiri dan pisau atau sendok di tangan kanan. Tanyakan pada restoran bilakah mereka mempunyai peralatan sendok dan garpu dengan ukuran yang lebih kecil, supaya mudah digunakan anak-anak.

  3. Biarkan anak-anak memilih makanan

    Biarkan anak Anda memilih makanan yang mereka inginkan. Tentu saja, hal ini dilakukan untuk menghindari kejadian yang akan muncul jika mereka diberi makanan yang tidak mereka inginkan.

  4. Ajarkan untuk tidak boros

    Pastikan mereka makan semua makanan yang ada di piring sehingga mereka belajar untuk mengambil dalam jumlah yang tepat sesuai dengan porsinya sehingga tidak bersisa dan tidak boros pada makanan.