Find Us On Social Media :

Tips Berkomunikasi Dengan Anak

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 11 Januari 2012 | 06:00 WIB

Tips Berkomunikasi Dengan Anak

Intisari-Online.com – Komunikasi adalah cara untuk membangun ikatan yang kuat dengan orang-orang di sekitar kita. Komunikasi adalah cara untuk mengembangkan hubungan serta memperkuatnya. Kita telah memahami bagaimana komunikasi itu penting, tapi kadang-kadang kita menemukan kendala dalam berkomunikasi dengan anak-anak kita. Sebagai orangtua, kita perlu memahami apa yang anak kita perlukan. Kita perlu mengakui bahwa anak tidak bisa mengekspresikan dirinya dengan baik pada awalnya. Nah, ini menjadi tanggung jawab kita untuk memahami mereka dan memungkinkan mereka mengungkapkan pikiran dengan cara yang lebih baik.

Komunikasi bisa disampaikan secara verbal dan non-verbal. Komunikasi non-verbal mencakup semua jenis ekspresi emosional, tindakan, bahasa tubuh, dan kata-kata yang berarti. Diam juga dianggap sebagai bagian dari komunikasi non-verbal. Orangtua bertindak sebagai cermin bagi anak-anak. Mereka belajar dari setiap tindakan orangtua dan apapun yang kita lakukan bisa mereka tiru. Kita mungkin tidak menyadari bahwa pesan non-verbal dan tindakan lebih kuat dari komunikasi verbal.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk berkomunikasi dengan baik dengan anak-anak kita.

Saat berkomunikasi dengan anak, ingatlah kembali masa-masa kecil kita. Cobalah untuk mengingat apa yang menyakiti kita atau memberi kita kebahagiaan ketika kita masih kanak-kanak.  Dengan cara ini, kita akan mampu menjembatani kesenjangan antara masa kanak-kanan, menyenangkan saat kecil dan bertanggung jawab, serta matang saat dewasa. (Intisari)