Find Us On Social Media :

Bayi Belajar Tata Bahasa Sejak Lahir

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 1 Maret 2012 | 13:18 WIB

Bayi Belajar Tata Bahasa Sejak Lahir

Intisari-Online.com – Ketika berbicara dengan bayi Anda, dari ekspresi wajah bayi tergambar mereka seakan memahami perkataan Anda. Jangan heran, sebuah penelitian mengungkapkan, bayi mulai belajar tata bahasa sejak mereka lahir.

Seperti dilaporkan oleh Daily Mail, peneliti menemukan kalau pada tahun pertama, bayi akan mendengarkan dengan seksama dan mendekonstruksi pola kata. “Bayi selalu mencari petunjuk dalam konteks kalimat dan suara,” kata Profesor Jill Lany dari University of Notre Dame.

Menurut penelitiannya, ada beberapa arah yang mengejutkan dalam aliran suara yang membantu bayi mempelajari arti kata-kata. “Mereka dapat membedakan jenis kata kerja dan kata benda dari sebuah informasi pada aliran suaranya,” jelasnya. Anak berusia satu tahun dapat mengidentifikasi petunjuk tata bahasa, menebak hubungan antara kata yang diucapkan. Seperti, memahami kata ‘ini’ sebagai kata benda.

Jika Anda mengatakan, ‘Lihat, ini makananmu’, anak Anda mungkin tidak mengerti apa ‘makanan’ itu. Tapi, dia tahu isyarat dari kata ‘ini’ dan memahami bahwa ‘makanan’ adalah objek. “Sama seperti ketika seseorang mengatakan ‘Saya makan’, prinsipnya sama antara gerakan dan kata yang menunjukkan pola kata kerja,” jelasnya.

Bayi menggunakan pola-pola ini sebagai petunjuk untuk memahami kata-kata baru yang mereka pelajari. Dalam usia 15 bulan, mereka dapat mempelajari tata bahasa yang lebih kompleks.

“Kita sering berpikir, anak-anak akan belajar tata bahasa setelah mempelajari kata. Pada kenyataannya, penelitian ini menunjukkan semua informasi yang diperoleh pada tahun pertama bayi adalah bagaimana kata itu digunakan dalam suatu bahasa. Inilah yang mendukung proses mempelajari kata-kata sebelum penguasaan bahasa,” tambahnya.