Find Us On Social Media :

Percaya Dirikah Anda?

By Agus Surono, Rabu, 7 Maret 2012 | 11:11 WIB

Percaya Dirikah Anda?

Intisari-Online.com - Rasa percaya diri memberikan keberanian untuk menetapkan harapan yang tinggi, menghadapi risiko, mengembangkan, dan mencapai tujuan yang ditetapkan. Sedangkan mereka yang kurang percaya diri melakukan pekerjaan yang terlalu mudah atau mencintai orang yang tak banyak bertanya. Mereka kehilangan kesempatan untuk bergembira dan berkembang.

Seberapa percaya dirikah Anda? Jawablah “ya” atau “tidak” untuk beberapa pertanyaan berikut ini.

  1. Ketika mengerjakan pekerjaan, aku mengerjakannya dengan sebaik mungkin.
  2. Aku bangga dengan diriku sendiri.
  3. Aku merasa nyaman dengan diriku sendiri.
  4. Saya sesukses atau malah lebih dari teman-teman seangkatan.
  5. Saya seorang yang berguna.
  6. Saya menanggapi kritik yang membangun sebagai kesempatan untuk berkembang.
  7. Saya bisa memberi nasehat yang bagus kepada yang bertanya kepada saya berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang saya miliki.
  8. Saya menerima kesalahan.
  9. Saya dapat mewujudkan hampir semua yang saya inginkan jika saya bekerja keras.
  10. Saya merasa aman dalam pergaulan antarpersonal.
  11. Saya menghargai diri sendiri.
  12. Saya berperan dalam membuat sebuah pergaulan.
  13. Saya menerima kegagalan.

Jika Anda menjawab “ya” sebanyak 10 atau lebih, berarti Anda menyukai dan menghargai diri sendiri. Anda puas dan menerima kualitas negatif dan positif Anda. Anda bersemangat dan melihat hidup sebagai sebuah pemberian.

Jika 5 sampai 9, Anda percaya diri dalam beberapa wilayah dan rentan di wilayah lain. Atau mood Anda, saat menyelesaikan kuesioner ini, sedang turun.

Empat atau lebih rendah mengindikasikan Anda memiliki rasa percaya diri yang rendah. Anda tidak memiliki sedikit pun rasa senang. Tingkat kepercayaan diri ini bisa jadi karena hasil dari pengalaman-pengalaman negatif. Anda bisa mengubahnya.

Menyukai diri sendiri dan melakukan sesuatu untuk menyenangkan diri sendiri bukan berarti Anda egois. Bagaimanapun, Anda bisa menjadi orangtua, kolega, atau teman yang lebih baik daripada mereka yang kekurangan rasa percaya diri.