Find Us On Social Media :

Film Drama Bikin Bahagia

By Jeffrey Satria, Sabtu, 31 Maret 2012 | 15:41 WIB

Film Drama Bikin Bahagia

Intisari-Online.com - Apakah Anda suka duduk di depan TV, dan menangis saat menonton film drama tragis? Bila benar, mungkin Anda adalah orang yang berbahagia. Sebab, penelitian terbaru menyatakan bahwa menonton film drama yang mengharu biru bisa membuat kita lebih bahagia. Apa rahasianya?

Film tragis menyayat hati ternyata mampu membuat seseorang menjadi lebih bahagia. Temuan menakjubkan ini dipublikasikan dalam jurnal Communication Research. Dalam jurnal tersebut dikatakan bahwa film-film tragis mampu membawa penonton menyelami hubungan-hubungan yang sedang mereka jalani dengan orang-orang penting dalam hidup mereka.

Slivia Knobloch-Westerwick, profesor komunikasi dari Ohio State University, mengatakan bahwa film-film drama dengan alur cerita tragis biasanya berfokus pada tema-tema cinta sejati. Tema-tema itu mampu membawa para penonton untuk memikirkan orang-orang yang mereka sayangi. Hasilnya, mereka akan menjadi lebih bahagia. 

Untuk mengungkapkan fenomena ini, peneliti meminta 361 mahasiswa untuk menonton versi singkat dari film Anotement yang muncul tahun 2007. Setelah menonton, mahasiswa diminta untuk mengisi kuisioner yang bertujuan untuk mengukur seberapa bahagianya mereka dalam menjalani kehidupan ini. Hasilnya? Para mahasiswa tersebut, menunjukkan bahwa mereka menikmati film yang ditonton, dan mampu menjelaskan bagaimana film tersebut merefleksikan hidup, tujuan, dan hubungan mereka saat ini.

Mahasiswa yang merasa sedih saat menonton film akan menulis tentang pengalaman mereka dengan orang-orang tertentu. Sedangkan mereka yang berpikir tentang hubungan-hubungan mereka saat menonton film akan merasa lebih bahagia setelahnya. Jadi, siapkan film drama dan tisu di samping Anda sekarang! (huffingtonpost.com)