Find Us On Social Media :

Tak Semua Anak Sama

By Agus Surono, Kamis, 3 Mei 2012 | 10:32 WIB

Tak Semua Anak Sama

Intisari-Online.com - Tidak semua anak sama. Oleh karena itu, cara menangani mereka pun tidak bisa sama. Perlakuan kita terhadap masing-masing anak menurut perilaku, kemampuan, dan inteligensianya membutuhkan keterampilan tersendiri. Namun, yang lebih penting dari keterampilan adalah kapabilitas orangtua untuk memahami anaknya.

Jika kita punya dua anak atau lebih, kiranya penting untuk mengetahui anak mana yang lebih baik atau lebih buruk, mana yang terbaik dan terburuk; juga, kenapa bisa begitu dan sebaik atau seburuk apa. Dengan mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut, kita akan bisa mengembangkan keterampilan yang dapat membantu setiap anak tumbuh dengan cara yang sehat dan penuh percaya diri.

Jika salah satu anak tidak dapat mengimbangi saudara-saudara sekandung atau teman-temanya, dan menjadi anak yang lamban belajarnya (slow learner), kita memerlukan keterampilan khusus untuk menanganinya. Kondisi itu kadang begitu membutuhkan perhatian, memeras tenaga dan menantang, sehingga perlu dihadapi dengan berani dan penuh semangat, serta penuh kesabaran. Hanya kita yang terbaik untuk membantu si anak, dan sedikit bantuan dari sekolah.

Nah, sebagai orangtua kita wajib untuk memahami bahwa setiap anak dilahirkan dengan kepribadian masing-masing. Orangtua perlu memahami bahwa setiap anak adalah individu yang unik, dengan banyak bakat dan kapabilitas terpendam yang dapat muncul pada suatu waktu. Pertama, kenalilah bakat itu; kedua, bantu si anak untuk memunculkannya; ketiga, tunggu dan amati dengan sabar - sampai tiba kesempatan untuk menumbuhkan bakat tersebut setinggi mungkin. (Kiat Sukses Mendidik Anak)