Find Us On Social Media :

Usia Berapa Anak Ber-Facebook-an?

By Agus Surono, Rabu, 6 Juni 2012 | 11:00 WIB

Usia Berapa Anak Ber-Facebook-an?

Intisari-Online.com - Terkait berita mengenai Facebook yang akan menyasar pengguna anak-anak berusia di bawah 13 tahun, beberapa waktu lalu situs Sodahead pernah mengadakan jajak pendapat daring tentang batas usia anak pengguna Facebook.

Jajak pendapat tersebut menghasilkan data tentang perbedaan pandangan tentang pada usia berapa sesungguhnya anak boleh mengakses jejaring sosial seperti Facebook.

Hasilnya, menurut sebagian responden, 34% di antaranya memilih usia 13 tahun sebagai batas usia anak untuk memiliki account Facebook. Berikutnya, 29%, lebih memilih usia 14 - 17 tahun. Hanya 18% respoden yang setuju anak berusia 7 - 12 tahun boleh memiliki account Facebook.

Jika ditilik dari status respoden, orangtua cenderung memilih usia yang lebih tua bagi batas usia anak yang boleh memiliki account Facebook. Dari hasil jajak pendapat ini, 33% responden yang mengaku orangtua, memilih usia 18 tahun sebagai batas, dibanding 13% responden yang mengaku bukan orangtua.

Hasil survei ini mungkin tidak sepenuhnya sesuai jika diterapkan langsung di Indonesia. Masih ada perbedaan kualitas pendidikan di anak-anak usia tersebut, terutama dalam hal teknologi informasi dan komunikasi. Masih sedikit sekolah kita yang mengajari anak tentang media sosial, begitu pula orangtua belum semuanya paham apa yang harus dijelaskan kepada anak sebelum mereka memiliki account di media sosial.  

Akan lebih aman jika anak-anak dikenalkan dengan media sosial khusus untuk mereka, seperti yang telah dibahas di artikel "Mengenal Media Sosial yang Aman untuk Anak-anak".

Jadi, berapa kira-kira usia anak di Indonesia yang layak dan aman memiliki akun Facebook? (salingsilang.com)