Find Us On Social Media :

Kecanduan Internet adalah Penyakit Mental

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 1 November 2012 | 18:12 WIB

Kecanduan Internet adalah Penyakit Mental

Intisari-Online.com – Internet telah menjadi bagian dari kehidupan modern. Di kantor, di rumah, dan bahkan di kamar tidur, banyak orang merasa perlu untuk selalu terhubung ke internet. Hati-hati dengan kebiasaan ini, bisa-bisa Anda terkena penyakit kecanduan internet.

The International Encyclopedia of the Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-IV) memasukkan kecanduan internet sebagai penyakit. Gangguan mental ini dikatakan perlu penelitian lebih lanjut.

Para psikolog mengatakan, gejala kecanduan internet sangat mirip dengan gejala kencanduan lainnya.  Yang dapat menyebabkan depresi emosional, kesulitan dalam berkonsentrasi, dan penyebab apatis.

Seseorang yang sering berselancar internet akan lebih suka berada di depan layar komputer, gadget, atau tablet, daripada bertatap muka dengan orang lain. Kadang-kadang kecanduan internet bisa mematikan. Beberapa waktu lalu, di Taiwan orang yang kecanduan internet menghabiskan waktu di depan komputer selama 40 jam nonstop ditemukan tewas.

Seperti dilaporkan Genius Beauty, Australia merupakan salah satu negara pertama yang mengakui bahwa kecanduan internet adalah penyakit. Ahli setempat percaya bahwa kelompok yang paling berisiko termasuk anak-anak, yang kecanduan game komputer.