Find Us On Social Media :

Jangan Katakan ini Kepada Ibu Hamil

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 18 Desember 2012 | 03:00 WIB

Jangan Katakan ini Kepada Ibu Hamil

Intisari-Online.com – Rasanya senang sekali mendengar berita salah seorang keluarga atau teman sedang hamil. Namun, Anda harus menyadari ada hal-hal yang sebaiknya tidak Anda katakan kepada wanita yang sedang hamil. Kata-kata apa yang dimaksud? Mari kita simak seperti yang dilansir oleh The Telegraph berikut ini. Beberapa pertanyaan bisa jadi tidak umum di negara kita. Namun bisa untuk menambah wawasan.

  1. Apakah bayinya kembar?

    Jangan mengajukan pertanyaan ini kepada wanita hamil. Karena, jika jawabannya tidak, wanita hamil akan menganggap Anda mengejek kelebihan berat badan mereka. Wanita yang hamil akan memberitahu Anda jika dia hamil anak kembar sebelum kita tanya.

  2. Apakah melakukan bayi tabung?

    Jika kehamilannya kembar, jangan tanya apakah mereka melakukan program bayi tabung atau tidak. Ini sangatlah tidak sopan.

  3. Perut Anda terlalu besar (atau kecil).

    Wanita hamil pasti pasti punya cermin. Mereka tidak perlu komentar Anda soal perutnya yang terlihat besar atau kecil meskipun hamil.

  4. Apa kontrasepsi yang digunakan?

    Wanita hamil yang baru saja melahirkan sering mendapat pertanyaan seperti ini. Wanita yang melahirkan dekat dengan kelahiran sebelumnya belum tentu karena kelalaian penggunaan kontrasepsi.

  5. Ingin anak laki-laki atau perempuan?

    Anak perempuan dan laki-laki sama saja, itu jawaban yang pasti dari wanita hamil yang diberi pertanyaan demikian. Mereka lebih berharap bayi yang dilahirkan sehat dan selamat.

  6. Berapa lama Anda akan cuti?

    Tidak ada yang tahu pasti, bahkan wanita hamil. Jika mereka adalah rekan kerja Anda, doakan saja agar mereka sehat dan dapat segera kembali bekerja dengan baik.

  7. Sungguh? Saya tidak tahu apakah Anda menginginkan anak-anak!

    Lihatlah kembali pada poin nomor empat. Jika Anda sedang hamil, tentu saja seorang ibu sangat ingin memiliki anak.

  8. Anda perlu olahraga!

    Sudah jelas setiap orang harus berolahraga. Tapi bila seorang wanita hamil dikomentari seperti itu, membuat mereka berpikir, “Aku hanya hamil, tidak obesitas.”

  9. Kehamilan istri saya baik-baik.

    Kata-kata ini biasanya diucapkan oleh laki-laki. Sekarang pertanyaannya adalah, apakah Anda yakin? Anda tidak pernah hamil, jadi jangan menganggap semua kehamilan itu mudah dan akan selalu baik-baik saja.

Hal-hal tadi yang sebaiknya jangan ditanyakan atau dikatakan kepada seorang wanita hamil. Jika ingin berbagi, biasanya wanita hamil akan segera memberitahu Anda tanpa diminta.