Find Us On Social Media :

Sekolah Musik untuk Balita (1)

By Ade Sulaeman, Jumat, 1 Maret 2013 | 22:00 WIB

Sekolah Musik untuk Balita (1)

Intisari-Online.com - Beberapa sekolah musik membuka kelas untuk balita. Tentunya masing-masing sekolah musik tersebut memiliki perbedaan. Dua diantaranya adalah ketentuan umur anak yang dapat mulai ikut serta dalam sekolah musik tersebut serta tujuan apa saja yang ingin dicapai oleh sekolah tersebut.

Sebagai contoh, akan dibahas tiga sekolah musik yang menyediakan kelas untuk balita, yaitu: Purwa Caraka Music Studio (PCMS), Relasi Musik (Yamaha Music School / YMS), dan Sekolah Musik Cantata.

Masing-masing sekolah musik tersebut membuka program untuk balita, namun dengan usia awal anak yang berbeda. PCMS dengan program “Little Mozarts” mulai membuka kelas untuk anak berusia 3,5 tahun. Sedangkan Cantata membuka kelas “Little Cantata” untuk balita 3 tahun. Untuk YMS, melalui program “Music Fantasy” batas usia awalnya lebih muda lagi, yaitu 2 tahun.

Usia tersebut dianggap sebagai waktu yang tepat untuk memperkenalkan dunia musik pada anak. Selain itu, menurut Uki Suhendar, Branch Manager PCMS BSD City, pada usia tersebut anak-anak sudah mulai bersosialisasi dengan lingkungannya. Sedangkan Annalely, kepala Sekolah Musik Cantata, sebelum berusia 3 tahun anak masih harus memperoleh perhatian penuh dari orang tuanya.

Mengenai tujuan utama, ketiganya sepakat, yaitu untuk mengenalkan anak pada dunia musik. Sedangkan untuk tujuan tambahan, masing-masing memiliki tujuan sendiri. Misalnya Cantata yang bertujuan menyeimbangkan kinerja otak kiri dan kanan atau YMS yang bertujuan memberikan peluang interaksi antara anak dengan orangtuanya.