Find Us On Social Media :

Mendaki Gunung Tingkatkan Kreativitas

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 12 Maret 2013 | 14:00 WIB

Mendaki Gunung Tingkatkan Kreativitas

Intisari-Online.com – Sifat alami memang bisa memberikan banyak inspirasi bagi umat manusia. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menunjukkan, menghabiskan beberapa hari untuk mendaki gunung dapat meningkatkan kreativitas.

Penelitian dilakukan pada 56 pendaki selama empat hari. Mereka tidak diizinkan membawa laptop, ponsel, atau teknologi lainnya. Hasilnya, peneliti menemukan, berinteraksi dengan alam selama empat hari tanpa gangguan teknologi dapat meningkatkan kreativitas para pendaki hingga 50 persen.

Hal ini diketahui melalui tes kreativitas mereka sebelum berangkat mendaki dan setelah pendakian. Peneliti menjelaskan, hal ini disebabkan oleh aktivitas otak yang beristirahat dari teknologi dan stres yang dirasakan dalam kehidupan sehari-hari.

“Otak manusia sangat dipengaruhi oleh keadaan sekitarnya. Otak lama-lama menjadi tidak berguna jika terus bersahabat dengan teknologi,” kata peneliti David Strayer dari University of Utah, seperti dilansir Health Today.

Alihkan perhatian dari jaringan sosial, ponsel, komputer, dan stres sehari-hari membuat otak yang berhubungan dengan kreativitas menjadi segar kembali.

Alam tampaknya berefek positif pada otak. Beberapa penelitian telah menunjukkan, pendakian tidak hanya baik untuk kreativitas tetapi juga meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan kanker. Kegiatan luar ruangan ini juga membuat seseorang menjadi lebih lembut.

Nah, tunggu apalagi? Rencanakan liburan Anda ke alam liar atau mendaki ke pegunungan.