Find Us On Social Media :

Wanitai Umur 40 Depresi, Stroke Pun Menghampiri

By K. Tatik Wardayati, Senin, 30 September 2013 | 09:00 WIB

Wanitai Umur 40 Depresi, Stroke Pun Menghampiri

Intisari-Online.com – Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita berusia 40-an dan 50-an yang menderita depresi dua kali lebih berisiko terkena stroke.

Penelitian yang dilakukan selama 12 tahun terakhir telah melibatkan ribuan wanita berusia 47 – 52 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang menderita depresi 2,4 kali lebih berisiko menderita stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak mengalami depresi.

“Dokter perlu mengenali kondisi kesehatan mental pasien dan apa efek jangka panjangnya,” kata Caroline  Jackson, seperti dikutip Daily Mail

Faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi pasien dengan depresi cenderung berdiet yang tidak sehat dan kurang olahraga. Terlalu sering memakai obat anti-depresan juga bisat mengancam kesehatan wanita. Telah ada peningkatan besar dalam resep obat anti-depresan dalam 20 tahun terakhir ini, terutama bagi wanita.

Dr Jackson, seorang ahli epidemiologi dari University of Queensland mengatakan, risiko stroke masih cukup rendah pada kelompok usia ini. Namun, dalam penelitian ini, sekitar 1,5 persen dari responden mengalami stroke, meningkat menjadi lebih dari 2 persen di antara mereka dengan depresi.