Find Us On Social Media :

Bantu Anak Kerjakan PR? Ini Dia Triknya!

By Ade Sulaeman, Minggu, 27 Oktober 2013 | 11:00 WIB

Bantu Anak Kerjakan PR? Ini Dia Triknya!

Intisari-Online.com - Membantu anak mengerjakan PR memang tidak mudah. Selain kesabaran, manajemen waktu yang baik juga sangat diperlukan.

Untuk itu, tips berikut ini disajikan agar pekerjaan rumah anak dapat diselesaikan dengan baik.

1. Mencatat pekerjaan rumah

Tak ada salahnya mencatat apa saja pekerjaan rumah atau tugas yang harus dikerjakan. Tujuannya agar anak-anak dan orangtua tahu persis apa yang perlu dilakukan. Catatan tersebut bisa ditulis di buku atau telepon genggam (jika anak sudah diberikan). Anak sekaligus bisa belajar mengatur strategi.

2. Bertanya pada guru

Anak tak selalu mudah mengajukan pertanyaan ke guru. Kadang mereka malah takut ditegur jika banyak bertanya. Atau merasa salah karena tidak mengerti atau memahami tugas yang diberikan.

Pekerjaan rumah kadang membingungkan, bisa jadi karena anak tidak memerhatikan saat guru menjelaskan apa yang harus dilakukan. Atau bisa jadi guru tidak memberikan instruksi jelas dan memberikan tugas yang salah. Doronglah anak agar percaya diri mengajukan pertanyaan ke guru tentang tugas yang kurang dipahami. Mereka punya hak minta penjelasan saat mereka membutuhkan.

3. Punya perencanaan matang

Rencanakan tiap tugas dengan memberikan batas waktu. Hasil yang berkualitas karena memiliki perencanaan matang. Hal ini akan mengurangi atau menghindari stres yang dialami anak-anak.

4. Tentukan waktu dan tempat

Kebanyakan anak mengerjakan pekerjaan rumah pada malam hari. Tapi ada juga yang mengerjakannya sepulang sekolah agar malamnya bisa lebih santai. Tempat mengerjakan pun berbeda-beda, ada yang di meja belajar, tempat tidur, bahkan ada yang sambil mendengarkan musik.

Sebaliknya, ada yang memerlukan tempat tenang tanpa ada musik, jauh dari keramaian, dan tak ingin diganggu. Tak menjadi masalah tergantung dari gaya belajar masing-masing. Yang penting, mereka fokus mengerjakan tugas tersebut. (Nove / tabloidnova.com)