Find Us On Social Media :

Agar Silaturahmi Lancar, Hindari 5 Komentar Negatif Ini

By Ade Sulaeman, Sabtu, 24 Juni 2017 | 09:00 WIB

Hindari 5 Komentar Negatif Ini

Intisari-Online.com - Komentar memiliki sejuta makna. Bisa membuat orang yang kita komentari termotivasi menjadi lebih baik, bisa juga membuatnya jatuh terpuruk.

Untuk itu, agar silaturahmi dengan kerabat bisa berjalan dengan lancar, hindarilah komentar-komentar negatif berikut ini:

1. Membanding-bandingkan.

Tidak ada orang yang senang dibandingkan dengan orang lain, apalagi bila orang lain lebih bagus dari dirinya. Bila ingin menyampaikan komentar, fokuslah pada orang yang dituju, tak perlu menghadirkan orang ketiga. Misalnya, “Hasil kerja kamu kurang oke, beda dengan si C.”

(Baca juga: Ingin Pindah Kerja Setelah Lebaran? Ini Dia 5 Strategi Pindah Kerja)

2. Menoakan yang tidak baik.

Tanpa sadar komentar sering diiringi dengan doa yang tidak baik lho. Misal: “Gaya dandan si A enggak banget deh”, namun kita sering menambahkan: “Pasti susah deh dapat pacar!” Sudah komen, nyumpahin pula. 

3. Mematahkan impian.

Tak semua orang punya hati sekeras baja, ada juga yang selembut sutra. Untuk sebagian orang, komentar pedas bisa membuat mereka terpuruk, tidak percaya diri, sakit hati, bahkan menangis tersedu-sedu. Dibanding berkomentar, mengapa tak berikan solusi?

(Baca juga: Bagi yang Lebaran di Solo, Inilah Lima Tempat Kuliner yang Wajib Dikunjingi)

4. Menggunakan kata kasar.

Walau yang kita komentari adalah anak buah, office boy, atau pelayan, menggunakan kata kasar yang menjatuhkan derajat seseorang sama sekali tidak layak didengar. Malah membuat diri kita dinilai tidak beretika oleh orang sekitar.