Find Us On Social Media :

Hal-hal yang Tak Dilakukan Orang Bermental Baja

By Ade Sulaeman, Senin, 2 Desember 2013 | 07:00 WIB

Hal-hal yang Tak Dilakukan Orang Bermental Baja

Intisari-Online.com - Orang yang sukses, termasuk pengusaha, dipercaya memiliki kepribadian dan mental yang kuat.

Orang-orang bermental kuat ini, pada umumnya tidak melakukan 13 hal berikut ini. Apakah Anda termasuk di dalamnya?

Mengasihani diri sendiri

Pernah melihat orang yang kuat mentalnya sibuk mengasihani diri sendiri karena keadaan atau telah dianiaya orang lain? Mereka belajar untuk bertanggungjawab atas apa yang mereka lakukan, siap dengan risikonya, dan memahami bahwa hidup tak selalu adil. Mereka juga mampu bangkit dari berbagai deraan masalah dan bisa menghadapi semua itu dengan baik. 

Pamer kekuatan

Orang bermental kuat pada umumnya tidak menunjukkan kekuatannya pada orang lain agar mereka takut atau merasa lebih rendah darinya. Mereka bisa mengendalikan sikap dan emosinya.

Malu berubah

Berani menghadapi perubahan dan dengan senang hati menyambut perubahan adalah salah satu sifat orang bermental kuat. Menjadi stagnan justru jadi salah satu ketakutan mereka.

Menghabiskan energi untuk hal yang tidak bisa dikendalikan

Mereka tidak banyak mengeluh soal macet, bawaan yang hilang, atau hal khusus tentang orang lain, karena mereka sadar ini merupakan hal-hal di luar kendali mereka. Mereka tahu, dalam situasi buruk, satu-satunya hal yang selalu bisa mereka kendalikan adalah respon dan sikap mereka.

Khawatir tidak bisa menyenangkan orang lain

Orang bermental kuat umumnya berusaha untuk bersikap baik, adil, dan menyenangkan orang lain sesuai porsinya, sekaligus berani mengungkapkan pendapat. Mereka mampu mencegah seseorang marah dan bisa mengendalikan situasi dengan baik.