Find Us On Social Media :

7 Hal yang Membuat Anda Selalu Merasa Lapar

By Birgitta Ajeng, Jumat, 18 April 2014 | 17:00 WIB

7 Hal yang Membuat Anda Selalu Merasa Lapar

Intisari-Online.com - “Bawaannya lapar melulu, nih!” kata ini sering kali terlontar dari mulut Anda sebagai alasan untuk bisa makan lagi, lagi, dan lagi. Padahal, perut Anda sebenarnya sedang tidak butuh makanan.

Ini adalah 7 hal yang membuat Anda selalu merasa lapar:

1. Dehidrasi

Menurut para ahli, kekurangan H2O bisa membuat Anda merasa kebingungan membedakan antara haus dan kelaparan. Jadi sebelum mencari makanan, minumlah segelas air putih. Jika Anda masih merasa lapar, itu pertanda Anda memang benar-benar lapar.

2. Memandangi #FoodPorn

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience menemukan bahwa melihat gambar makanan yang super lezat dapat mengaktifkan pusat otak yang dapat menciptakan keinginan Anda makan berlebihan. Inilah salah satu alasan mengapa Anda selalu merasa lapar.

(Baca juga: Redakan Lapar Mata Dengan 6 Cara Ini)

3. Kurang Tidur    Kurang tidur, berdasarkan sebuah studi di tahun 2013katanya, dapat meningkatkan napsu makan dan membuat Anda “meraih” porsi yang lebih besar dari biasanya.

4. Terlalu Banyak Gula

Sebuah studi 2011 menemukan bahwa mengkonsumsi terlalu banyak makanan manis dapat membuang keseimbangan hormon dalam usus. Glukosa menyebabkan Anda makan dalam  jumlah berlebih di mana dengan sendirinya memperlambat produksi leptin (hormon  yang menekan nafsu makan) dan memungkinkan ghrelin (hormon yang memberi tahu otak Anda bahwa Anda lapar ) menipu Anda untuk berpikir makan lebih banyak.

5. Alkohol

Minuman keras mempengaruhi tingkat leptin, juga menyebabkan  keinginan untuk ngemil. Inilah mengapa, kebiasaan minum memungkinkan Anda  mengonsumsi ratusan kalori ekstra.