Find Us On Social Media :

Merokok Juga Bisa Sebabkan Obesitas

By Chatarina Komala, Sabtu, 19 April 2014 | 07:00 WIB

Merokok Juga Bisa Sebabkan Obesitas

Intisari-Online.com -  Sebuah studi baru dalam  mengungkapkan, merokok dapat berkontribusi dalam peningkatan berat badan. Sehingga alasan tidak ingin berhenti merokok demi menjaga berat badan agar tidak obesitas tentu tidaklah tepat.

(Baca juga: Cara Ampuh Berhenti Merokok, Perokok Wajib Baca!

Para peneliti melibatkan 47 wanita untuk disuguhi empat puding vanila. Keempat puding itu memiliki jumlah lemak yang bebeda. Peserta diminta untuk memberikan penilaian kandungan krim, rasa manis, dan kenikmatan yang mereka rasakan ketika memakan puding.

Hasilnya, peneliti menemukan, wanita obesitas yang juga perokok menilai puding yang mereka makan memiliki kadar krim dan kemanisan lebih rendah dibandingkan nilai kelompok lain yang bukan perokok. Kelompok itu pun mengaku kurang terpuaskan dengan hidangan puding yang mereka makan dibanding kelompok lainnya.Rokok kurangi kepekaan lidah akan 'rasa manis'

Peneliti mengatakan, rokok memiliki hubungan dengan rasa manis. Kedua faktor, baik obesitas maupun merokok dapat mengurangi kemampuan indera pengecap untuk merasakan manis.  karena obesitas dan merokok dapat mengurangi kadar , senyawa otak yang mengontrol respon indera pengecap.(Baca juga: Merokok Lebih Berbahaya Pada Wanita!

Tak hanya itu, menurut peneliti, meskipun tidak obesitas, perokok cenderung memiliki keinginan untuk makan makanan berlemak lebih sering daripada bukan perokok. Ini menjelaskan, kenapa perokok kebanyakan memiliki lingkar pinggang yang lebih besar daripada orang yang tidak merokok.

"Keinginan makanan yang meningkat berhubungan dengan kemampuan pengecapan terhadap makanan. Karena kemampuan pengecapan menurun, otak lebih sulit terpuaskan dari makanan, dan cenderung untuk menambah jumlah makanan," terang peneliti. (Unoviana Kartika/ Kompas)