Find Us On Social Media :

Bahan Makanan Ini Bikin Awet Muda (2)

By Birgitta Ajeng, Minggu, 27 April 2014 | 14:00 WIB

Bahan Makanan Ini Bikin Awet Muda (2)

Intisari-Online.com - Salah satu teori mengapa seseorang bisa menjadi tua adalah akibat radikal bebas. Penangkal radikal bebas yang diketahui saat ini adalah antioksidan.

Dalam tulisan sebelumnya sudah diungkapkan beberapa bahan makanan yang bisa membuat seseorang awet muda. Berikut adalah beberapa bahan makanan lainnya yang bikin awet muda.

1. Wortel

Sayuran yang sering ada dalam sup ini terkenal kaya vitamin A dan betakaroten – senyawa yang di dalam tubuh diubah menjadi vitamin A. Konon, kedua senyawa ini dapat membuat kulit tetap kencang dan membantu menyuburkan rambut dan kuku. Selain itu, vitamin ini juga baik untuk kesehatan mata.

(Baca juga: Setengah Buah Alpukat Bantu Anda Kurangi Ngemil)

2. Alpukat

Buah tropis ini mengandung lemak baik, yakni kaya lemak tak jenuh tunggal, yang diyakini dapat menurunkan kolesterol “jahat” LDL dan menaikkan kolesterol “baik” HDL. Alpukat juga kaya akan kalium yang dapat membantu menyeimbangkan tekanan darah.

Selain itu, kandungan biotinnya dapat mencegah kerontokan rambut. Buah ini juga memiliki glutation (antioksidan) yang dapat mencegah kerusakan sel sebagai penyebab penuaan.

3. Yoghurt dan keju

Produk susu yang rasanya asam ini mengandung bakteri lactobacillus acidophilus yang dipercaya baik untuk pencernaan – usus dan lambung. Yoghurt dan keju juga merupakan sumber protein yang dapat membantu pembentukan sel dan membantu pembakaran lemak. Namun, bila bermasalah dengan kadar kolesterol, pilihlah yoghurt yang rendak lemak.

(Baca juga: Susu dan Yoghurt Menguatkan Tulang Pinggul)

4. Teh hijau