Find Us On Social Media :

Osteosarkoma, Kanker Tulang yang Sering Menyerang Anak (1)

By Birgitta Ajeng, Minggu, 11 Mei 2014 | 07:00 WIB

Osteosarkoma, Kanker Tulang yang Sering Menyerang Anak (1)

Intisari-Online.com - Penyakit tulang bukan hanya “otoritas”-nya orang yang sudah berumur, ada osteosarkoma, kanker tulang yang sering menyerang anak. Salah satu jenis kanker tulang ini, justru sering menyerang anak usia delapan sampai belasan tahun, meski bisa muncul juga pada usia 50 - 70 tahun.

Anak lelaki atau perempuan punya peluang sama. Tapi semakin bertambahnya umur, risiko akan meningkat pada anak lelaki.

(Baca juga: 10 Tips Camilan Sehat untuk Anak-anak)

Osteosarkoma merupakan kanker ketiga yang banyak menyerang anak, setelah leukemia dan limfoma. Penyakit ini seharusnya mendapat perhatian serius. Faktanya, menurut dr. Achmad Fauzi Kamal, Sp. OT, spesialis bedah ortopedi RSUPN Cipto Mangunkusumo, di Indonesia sekitar 90% penderita datang ke dokter dalam keadaan terlambat. Padahal, kalau sudah tingkat IIB kanker akan menembus dari tulang ke otot. Pada stadium III sampai ke paru-paru.

Orangtua perlu lebih saksama memperhatikan anaknya. Jangan anggap benjolan di kulit sesuatu yang remeh. Bisa jadi, itu merupakan awal dari sebuah petaka. Apalagi kalau sudah mulai terasa nyeri, tidak perlu buang waktu lagi, segera bawa ke dokter.

Nyeri yang ditimbulkan oleh osteosarkoma biasanya lebih terasa pada malam hari. Bisa saja rasa nyeri itu hilang selama beberapa waktu, tapi kemudian muncul lagi dan sakitnya lebih parah, sampai membengkak. Ada rasa panas yang menjalar dari kulit ke tulang. Bagian tubuh yang terkena juga terasa sulit digerakkan.

(Baca juga: 7 Kudapan Sehat Pengganti Permen Bagi Anak)

Kanker tulang ini sebenarnya bisa menyerang semua tulang di tubuh manusia. Hanya, osteosarkoma kebanyakan menyerang tulang panjang, seperti tulang paha, (femur), tulang betis (tibia), dan tulang lengan atas (humerus).

Ada pula kasus osteosarkoma, kanker tulang yang sering menyerang anak, pada tulang tengkorak, tulang rahang, dan tulang pelvis. Biasanya kanker menyerang bagian metafisis, yakni areal tulang dengan metabolik aktif dan banyak mengandung pembuluh darah.

-bersambung-

---

Tulisan ini ditulis oleh Th. Tjahjo Widiasmoro dan JB Satrio Nugroho di Majalah Intisari Extra Resep Mujarab Keluarga Sehat 2013 dengan judul asli Kanker Tulang pun Menyerang Anak.