Find Us On Social Media :

Ikut Lomba Lari Tanpa Persiapan Matang Risikonya Fatal (1)

By Birgitta Ajeng, Sabtu, 10 Mei 2014 | 07:30 WIB

Ikut Lomba Lari Tanpa Persiapan Matang Risikonya Fatal (1)

Intisari-Online.com - Seberapa jauh Anda mempersiapkan diri sebelum ikut lomba lari? Kalau tidak sem­pat mempersiapkan diri, sebaiknya urungkan saja niat Anda untuk berkompetisi. Sebab orang yang nekat ikut lomba lari tanpa persiapan matang risikonya fatal.

Tanpa persiapan matang, seseorang rentan mengalami cedera kaki, kram, dehidrasi, serta nyeri lutut – pada orang obesitas. Risiko yang lebih parah, bisa pingsan bahkan mati mendadak.

(Baca juga: Takarlah Olahraga Anda!)

Klinisi pada Exercise Clinic Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Rachmad Wishnu Hidayat, SpKO, mengatakan, “Risiko mati mendadak meningkat pada individu berusia lebih dari 60 tahun, atau pada individu dengan penyakit degeneratif seperti hiper-tensi, kencing manis, gangguan ka­dar lemak darah, jantung koroner, dan pada individu yang obesitas.”

Tidak usah mengernyitkan dahi. Lari termasuk olahraga berisiko tinggi karena tergolong berat. Jadi, sebelum mengikuti lomba lari, ada baiknya memastikan dulu kondisi kesehatan kita. “Misalnya dengan medical check-up terlebih dahulu,” ujar laki-laki yang biasa disapa dr. Wishnu itu. Persiapan fisik juga harus dilakukan dari jauh hari.

(Baca juga: Olahraga Selama Menstruasi)

Untuk pelari rutin, persiapan diri dapat dilakukan sejak dua sampai empat bulan menjelang lomba. Untuk atlet lari, karena sudah terbiasa latihan dengan ke­cepatan yang lebih tinggi daripada kelompok bukan atlet, memang tidak membutuhkan persiapan yang khusus. Ikut lomba lari tanpa persiapan matang risikonya fatal.

-bersambung-

---

Tulisan ini ditulis di Majalah Intisari Edisi April 2014 dengan judul asli Lari Tanpa Persiapan Matang, Risikonya Fatal.