Find Us On Social Media :

Inilah Tanda Kekurangan Vitamin D

By Ade Sulaeman, Kamis, 15 Mei 2014 | 07:00 WIB

Inilah Tanda Kekurangan Vitamin D

Intisari-Online.com - Jangan terburu-buru mengonsumsi suplemen vitamin D, karena belum tentu tubuh Anda kekurangan salah satu vitamin atau nutrisi tertentu di dalam tubuh. Ada baiknya jika Anda mengetahui lebih dulu tanda-tanda kekurangan vitamin D.

1. Otot pegal dan nyeri

Adanya penurunan kemampuan pada otot bisa jadi merupakan salah satu indikasi Anda sedang kekurangan vitamin D, kata Kimberly Mueller, RD, pemilik Fuel Factor Nutrition Coaching.(Baca juga: Depresi Akibat Kekurangan Vitamin D

2. Sedih dan depresi

Berdasarkan hasil penelitian yang tercantum pada The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, kaum perempuan yang kekurangan vitamin D akan mengalami perasaan sedih atau depresi.

3. Sensitif terhadap rasa nyeri

Kekurangan vitamin D yang cukup parah bisa mengakibatkan seseorang mengalami nyeri di sekujur tubuh secara kronis. Biasanya, dialami oleh orang-orang dengan ras kulit hitam.

4. Tulang stres

Seseorang akan mengalami risiko dua kali lipat lebih parah mengalami kerusakan atau pengeroposan tulang dini bila kekurangan vitamin D dan tidak segera diatasi untuk jangka waktu yang lama.

5. Tekanan darah tinggi

Tanda kekurangan vitamin D yang berikutnya adalah naiknya tekanan darah. Hal ini disebabkan vitamin D mengambil peranan penting pada kesehatan jantung dan membantu menormalkan tekanan darah.(Baca juga: Kekurangan Vitamin D Bisa Sebabkan Kerusakan Otak

6. Mudah mengantuk