Find Us On Social Media :

Ini Tips Menjaga Kesehatan Mata

By Birgitta Ajeng, Sabtu, 17 Mei 2014 | 09:00 WIB

Ini Tips Menjaga Kesehatan Mata

Intisari-Online.com - Tanpa mata kita tidak bisa melihat keindahan dunia. Maka itu, agar tidak kehilangan penglihatan. Berikut 9 tips menjaga kesehatan mata:

1. Periksa Mata Secara Rutin

Kapan terakhir kali Anda ke dokter mata? Menurut Pamela Lowe, OD, FAAO, direktur Profesional Eye Care Center Amerika, Sebuah survei yang dilakukan American Optometric Association (AOA) menemukan bahwa 85 persen orang menghargai mata sebagai organ paling penting, namun kurang dari setengah responden yang memeriksakan mata mereka dalam dua atau tiga tahun terakhir.

2. Komplikasi Penyakit Degeneratif

Penyakit mata juga bisa datang tanpa disadari karena merupakan bentuk komplikasi dari penyakit lain. Salah satu contohnya adalah diabetic retinopathy, yaitu penyakit pada retina mata akibat kerusakan pembuluh darah di mata, yang berawal dari penyakit diabetes.  Selain itu, komplikasi penyakit degeneratif juga dapat mengakibatkan glaucoma dan katarak. Maka itu, saat berkunjung ke dokter mata, pastikan Anda menceritakan riwayat kesehatan Anda, sehingga dokter akan mengambil tindakan yang tepat.

(Baca juga: Tips Atasi Mata Lelah)

3. Cuci Bersih

Gunakanlah kacamata pelindung saat Anda menuangkan bahan kimia atau menggunakan alat-alat listrik. Bila tanpa sengaja mata terkena percikan sabun atau pembersih lainnya, segera bilas mata Anda hingga bersih dengan menggunakan air garam selama 10 sampai 15 menit. “Bila Anda masih mengalami iritasi setelah itu, kunjungi dokter mata,” saran Dr. Lowe.

4. Bersihkan Tempat Lensa Kontak

Banyak di antara kita yang meletakkan begitu saja tempat kontak lensa ke dalam kantong atau dompet. Padahal, itu berbahaya untuk mata Anda. “Seringlah mengganti tempat lensa kontak dan simpan di tempat yang bersih dan kering. Bila masih ada cairan, buang cairannya keluar dan keringkan terlebih dulu sebelum Anda menyimpan lensa kontak Anda lagi,” saran dari Dr. Lowe untuk menjaga kesehatan mata.

5. Minum Kopi dan Teh

Tips menjaga kesehatan mata lainnya yaitu, mengonsumsi minuman berkafein sebanyak dua cangkir setiap hari. Ini sangat baik untuk melindungi mata Anda dari kekeringan. Kafein membuat produksi air mata meningkat dan menjaga kelembapan mata.  Tapi ingat, lebih dari dua  cangkir dapat menguras air mata dan membuat mata Anda kering, dan ini bisa menyebabkan mata iritasi.