Find Us On Social Media :

Cara Merawat Kulit di Bawah Sengatan Matahari

By Birgitta Ajeng, Rabu, 21 Mei 2014 | 12:00 WIB

Cara Merawat Kulit di Bawah Sengatan Matahari

Intisari-Online.com - Menikmati kegiatan di luar ketika cuaca sedang sangat terik boleh saja selama kita melindungi wajah dengan perawatan ekstra. Berikut ini cara merawat kulit di bawah sengatan matahari.

1. SPF

Banyak orang malas pakai SPF saat keluar rumah. Padahal, SPF wajib dipakai agar kulit sehat saat musim panas. Kita bisa menemukan kandungan SPF di banyak produk yang sesuai dengan kulit. Seperti sun block, sun screen, pelembab gel, dan lainnya. Dokter kulit juga sangat mewajibkan pemakaian SPF kalau kulit kita berjerawat. Karena matahari menjadi salah satu penyebab peradangan dan pembentukan jerawat batu.

(Baca juga: Panduan Menggunakan Antibiotik)

2. Tanning 

Memang benar, kulit coklat eksotis lagi tren di Indonesia. Contohnya, kulit Agnez Mo yang sering dipuji karena terlihat cantik. Akibatnya, banyak dari kita yang ikutan tren ini dan menggunakan berbagai cara buat tanning. Salah satunya berjemur atau sun bathing. Karena kondisi atmosfir bumi sudah berbeda seperti sebelumnya, banyak ahli yang menyarankan untuk menghindari cara ini. Sinar ultraviolet yang dipancarkan bisa merusak lapisan sel akibat gelombang panas yang terjadi karena pemanasan global. Selain itu, kulit kita juga akan lebih rentan terkena resiko kanker kulit.

3. Hindari makeup tebal 

Selain itu, cara merawat kulit dibawah sengatan matahari adalah hindari menggunakan makeup seminim mungkin. Pemakaian makeup tebal akan menghambat kulit bernafas dengan baik. Apalagi dibawah sengatan matahari, akan membuatnya mudah berminyak dan enggak oke. Supaya tampil keren kayak seleb idola, pakai pelembab yang mengandung SPF dan bedak tabur ringan. Triknya, pilih lipstick merah atau eyeshadow terang di mata supaya terlihat segar.

4. Lipbalm

Sama seperti kulit, bibir kita butuh perhatian ekstra saat musim panas. Supaya kulit bibir terhindar dari pecah-pecah, gunakan lipbalm yang kandungannya alami. Lebih baik lagi cari produk yang mengandung SPF, agar kulit bibir kita terhindar dari efek penuaan dan warna bibir menghitam.

(Baca juga: Ini Tanda-tanda Tubuh yang Kekurangan Vitamin D)

5. Masker

Supaya tetap terjaga kesegaran dan jauh dari masalah, disarankan rajin menggunakan masker pada wajah. Kita bisa menggunakan produk kesayangan atau membuatnya sendiri di rumah. Amat disarankan, kandungan masker tersebut memiliki fungsi untuk menetralkan kulit dari sengatan matahari. Serta memiliki kandungan air lebih banyak. Seperti aloe vera, timun, strawberry, pepaya dan lainnya.

Nah, itu tadi cara merawat kulit dibawah sengatan matahari. Semoga bermanfaat. (kawankumagz.com)