Find Us On Social Media :

Ibu Hamil Obesitas, Bayinya Kekurangan Oksigen

By Mohamad Takdir, Jumat, 23 Mei 2014 | 12:30 WIB

Ibu Hamil Obesitas, Bayinya Kekurangan Oksigen

Intisari-Online.com - Ibu hamil yang obesitas, akan memiliki bayi yang kekurangan oksigen. Hal ini tidak dialami ibu hamil yang memiliki berat badan berimbang. Sebaiknya berat badan ibu hamil tidak berlebihan.Dalam penelitian, ditemukan bahwa bayi yang ibunya kegemukan memiliki skor Apgar yang rendah. Yakni ukuran defisit oksigen saat lahir. Bayi yang ibunya memiliki body mass index (BMI) di atas rata-rata memiliki risiko skor Apgar rendah sampai 55%.

(Baca juga: Ibu Hamil Harus Olahraga)

Menurut Dr. Martina Persson dari Karolinska Institutet, ini menandakan bahwa ibu hamil harus memperhatikan berat badannya agar tidak sampai kegemukan. Peneliti menggunakan data dari kelahiran bayi-bayi di Swedia antara 1992 sampai 2010. Skor Apgar sendiri adalah sejenis test untuk menguji kesehatan pernapasan bayi.

Kalau bayi sulit bernapas maka akan menderita birth asphyxia, yakni sulit bernapas sehingga bayi kejang. Ibu hamil yang obesitas,  bayi yang kekurangan oksigen. Hal ini memang berbahaya. Penelitian sebelumnya sudah menunjukkan hubungan antara obesitas yang diderita ibu hamil dengan risiko pada janin. Penelitian ini rilis di jurnal PLOS Medicine. Ini berarti sebaiknya berat badan ibu hamil tidak berlebihan. (LiveScience)