Find Us On Social Media :

Ini Risiko Menjalankan Diet Tak Sehat

By Birgitta Ajeng, Jumat, 23 Mei 2014 | 14:00 WIB

Ini Risiko Menjalankan Diet Tak Sehat

Intisari-Online.com - Saking kepingin kurus, banyak orang menjalankan diet yang sebenarnya tak sehat. Mengurangi konsumsi sumber kalori adalah satu satu bentuk diet yang tidak sehat. Kalau sudah terlanjur, ini risiko menjalani diet tak sehat.

1. Merasa sangat lapar

Hal pertama yang akan Anda rasakan jika melakukan diet yang tidak sehat adalah jika Anda merasa kelaparan, kemudian tanpa disadari Anda jadi makan lebih banyak. Jika Anda mengurangi jumlah kalori dengan hanya memakan sedikit sekali porsi makan, dengan kandungan nutrisi yang juga menjadi sangat minimal, tubuh Anda akan bereaksi untuk menyeimbangkan apa yang berkurang dari biasanya dengan meningkatkan rasa lapar.

(Baca juga: Ini Makanan yang Merusak Diet)

Alhasil, Anda akan makan dengan porsi dobel di jam makan. Apalagi jika Anda kurang tidur di malam hari, kelelahan biasanya lalu diantisipasi dengan makan lebih banyak.2. Kehilangan massa otot

Diet sembarangan dengan mengurangi kandungan protein setiap hari dalam porsi makan, akan memengaruhi performa Anda. Namun jika Anda tetap memasukkan porsi protein dalam menu diet Anda, otot akan tetap mendapatkan kekuatannya dalam menjalankan fungsinya di dalam tubuh. Sebaliknya jika otot tidak mendapatkan asupan protein, otot akan “memakan” apa yang ada di sekitarnya, sehingga lambat laun akan merusak susunan fungsi di dalam tubuh.

3. Merasa lemas dan mual

Mengurangi kalori dengan cara yang tidak tepat akan membuat Anda mudah lelah, pusing, dan merasa mual. Salah satu contoh diet yang salah  adalah hanya mengonsumsi jus buah selama seminggu penuh tanpa diimbangi dengan nutrisi yang lain. Bukan hanya pusing, tubuh lemas, dan mual saja yang akan Anda alami, melainkan juga masalah serius lainnya.

4. Berat badan malah bertambah

Sebagian besar orang yang menjalani diet tak sehat akhirnya mengaku kecewa, sebab harapannya untuk mendapatkan tubuh ideal tak kunjung menjadi kenyataan. Lantas, apa yang akan terjadi jika Anda terjebak melakukan diet yang tidak sehat?

Anda justru akan semakin bingung menentukan cara mengurangi kalori yang benar, sehingga akhirnya Anda semakin gencar mengurangi jumlah kalori dibarengi dengan jam olah raga yang diperpanjang. Hasilnya, bukannya tubuh ideal yang Anda peroleh, melainkan risiko kesehatan yang Anda hadapi. Sebab, jumlah kalori yang Anda konsumsi setiap hari menjadi sangat kurang dari jumlah standar yang ditentukan badan kesehatan.

(Baca juga: Cara Agar Tetap Sehat Menyantap Mi Goreng)