Find Us On Social Media :

Ini Enam Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan

By Chatarina Komala, Rabu, 28 Mei 2014 | 17:00 WIB

Ini Enam Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan

Intisari-Online.com - Kita semua tahu betapa pentingnya berolahraga bagi kesehatan. Namun, tak jarang, beberapa dari kita mungkin tidak punya waktu untuk pergi ke gym atau mengikuti kelas olahraga. Nah, untuk menyiasatinya, kita dapat berjalan kaki sebagai pengganti olahraga yang mungkin tak sempat kita lakukan. Ini adalah bentuk olahraga paling mudah dan nyaman, serta tak mengganggu jadwal keseharian. Selain itu, berjalan kaki juga punya beragam manfaat. Berikut adalah enam manfaat berjalan kaki bagi kesehatan.(Baca juga: Jalan Kaki Kurangi Risiko Diabetes)

1. Membantu mengurangi berat badanBagi orang yang ingin menjaga berat badan mereka, berjalan kaki adalah olahraga terbaik untuk mewujudkannya. Berjalan dapat mengatur sistem metabolisme dan menghindari penumpukan lemak dalam tubuh. Kita bisa membakar banyak kalori dengan berjalan kaki. Bagi yang ingin menurunkan bobot badan terutama di bagian kaki dan perut, disarankan untuk berjalan cepat. 2. Mendapatkan pasokan vitamin D yang cukupKetika kita berjalan kaki pada hari yang cerah, kita akan mendapatkan paparan vitamin D yang berasal dari sinar matahari langsung. Hal ini penting bagi fungsi tubuh, yang biasanya tidak cukup didapatkan hanya dari asupan makanan. 3. Mengurangi risiko penyakit jantungBerjalan kaki mampu mengatur sistem metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Hal ini dapat membantu memperbaiki kondisi jantung, dengan mengelola denyut jantung, memperkuat otot-otot, sehingga mengurangi risiko kegagalan jantung dan penyakit terkait lainnya. 

4. Mengembalikan energi dan stamina
Dengan berjalan kaki, tingkat stamina dan energi kita akan meningkat. Tidak hanya itu, udara segar yang kita dapat saat berjalan kaki dapat membuat suasana hati membaik. Hasilnya, stres pun ikut berkurang.  (Baca juga: Jalan Kaki Bikin Orang Berpikir Lebih Kreatif)5. Mencegah demensiaSemakin aktif Anda, maka semakin baik keadaan otak kita. Tingkat konsentrasi dan efisiensi ketika bekerja pun meningkat. Berjalan kaki dapat membantu kita bahkan membantu orang lanjut usia untuk menjaga memori mereka. 6. Melindungi tubuh dari penyakit kankerPenelitian membuktikan, mereka yang suka berjalan secara teratur punya kemungkinan lebih rendah terkena kanker. Berjalan juga melindungi perempuan dari kanker payudara. Berjalan membantu menjaga segala sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan tubuh, secara fisik dan mental. (Magforwomen)