Find Us On Social Media :

Tips Merawat Kulit yang Benar Saat Mandi

By Birgitta Ajeng, Sabtu, 31 Mei 2014 | 06:00 WIB

Tips Merawat Kulit yang Benar Saat Mandi

Intisari-Online.com - Mandi bisa menjadi lebih dari sekedar membersihkan tubuh saja, tapi sekaligus merawat kulit. Saat mandi, kita harus memperhatikan hal detail kalau kepengin hasil yang maksimal pada kulit kita. Ini tips merawat kulit yang benar saat mandi.

1. Atur suhu air yang tepat

Air hangat sangat baik untuk membuat kulit kita nyaman tanpa bikin kulit terlalu kering. Air hangat bukan berarti panas, tapi hanya air suam-suam kuku. Air terlalu panas bisa menghilangkan minyak alami pada kulit. Selain air hangat, air dingin dua kali lebih baik daripada air hangat. Air dingin bisa membantu mengecilkan pori pada tubuh termasuk mencegah dari keriput.

(Baca juga: Diet Rendah Karbohidrat Mengurangi Risiko Penyakit Jantung)

2. Pakai jumlah produk dengan bijak

Saat pakai sampo atau sabun, biasanya kita memakainya dalam jumlah terlalu banyak untuk sekali pakai. Padahal, pemakaian terlalu banyak belum tentu baik buat kecantikan kita. Kalau memang rambut kita panjang, boleh memakainya lebih banyak sedikit. Dan biasakan membilas sampo atau sabun setelah mendiamkannya selama 30 detik.

3. Mendiamkan kondisioner lebih lama

Ternyata tidak ada perbedaan dengan mendiamkan rambut saat pakai kondisioner dengan yang langsung membersihkannya. Efek kondisioner itu instan, jadi secara alami akan langsung menyerap dengan baik saat memakainya. Kalau kepengin mendapatkan keuntungan maksimal dari kondisioner, bilas dengan air dingin dibanding air hangat. Dengan begitu rambut kita akan bersinar indah.

4. Bersihkan kulit dengan baik

Sebaiknya pilih shower gel dibanding sabun mandi biasa. Shower gel atau body wash lebih baik karena sabun mengandung alkali yang bisa bikin kulit kering. Pilih spons atau loofah dibanding pembersih badan dengan jaring pelastik. Soalnya saat membersihkan kurang efektif dan bisa terjadi iritasi.

(Baca juga: Cara Menghilangkan Dengungan Telinga Saat di Pesawat)

Sebaiknya membersihkan wajah terakhir setelah semua ritual mandi dilakukan. Dan bersihkan sisa pembersih dengan air hangat terlebih dahulu baru siram dengan air es. Hal yang sangat perlu diperhatikan saat sikat gigi atau keramas adalah, jangan sampai busa masuk ke area wajah kita. Busa sampo atau pasta gigi bisa menyebabkan jerawat pada kulit.