Find Us On Social Media :

5 Manfaat Cuka Apel untuk Kulit dan Rambut

By Birgitta Ajeng, Rabu, 4 Juni 2014 | 17:00 WIB

5 Manfaat Cuka Apel untuk Kulit dan Rambut

Intisari-Online.com - Percaya tidak, ternyata cuka apel sangat bermanfaat bagi kecantikan kulit dan rambut kita. Cuka apel yang sangat mudah ditemui memiliki fungsi sangat hebat bagi kesehatan dan kecantikan. Ini beberapa manfaat cuka apel untuk kulit dan rambut.

1. Memutihkan kulit

Kalau rutin melakukan masker tubuh atau wajah dengan cuka apel, kulit akan putih bersinar. Perawatan yang perlu kita lakukan tidak hanya dari luar, tapi juga dari dalam dengan mengkonsumsikannya setiap hari. Cara menggunakannya, campurkan beberapa sendok cuka apel dengan air hangat. Lalu usapkan merata pada wajah. Biarkan selama 30 menit lalu bersihkan.

(Baca juga: 4 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Kulit)

2. Membuat rambut bersinar

Setelah keramas dengan sampo, ganti kondisioner kita dengan larutan cuka apel. Kalau rajin menggunakan cuka apel tiap keramas seminggu dua kali, rambut akan bebas dari masalah. Termasuk lepek dan kusam.

3. Membasmi jerawat 

Selain memutihkan, cuka apel membantu keseimbangan pH pada kulit. Terlalu banyak alkalin pada kulit akan memudahkan pertumbuhan bakteri. Nah, fungsi asam adalah antibakteri yang sangat baik untuk masalah kulit. Pakai larutan cuka apel dalam air lalu usapkan pada bagian kulit bermasalah. Ingat! Jangan pernah sekali-kali menggunakan cuka apel tanpa melarutkannya dalam air. Karena bisa menyebabkan iritasi dan kemerahan pada kulit.

4. Scrub alami

Alasan kenapa cuka apel bisa mencerahkan kulit, karena sifatnya yang exfoliation atau seperti scrub. Cuka apel secara alami bisa membersihkan kulit dari kotoran menumpuk bahkan terdalam sekalipun. Selain itu bisa menghilangkan sel kulit mati, membersihkan komedo paling dalam, membersihkan sisa makeup dan debu, mengontrol minyak dan sebum, serta anti bakteri.

(Baca juga: Tips Menghadapi Kemandulan dengan Positif)

5. Meyembuhkan kulit iritasi akibat sengatan matahari

Beraktivitas seharian di luar rumah dan iritasi akibat matahari? Coba sembuhkan dengan cuka apel. Caranya larutkan cuka apel pada air hangat dan siram saat mandi. Tunggu beberapa saat lalu bersihkan dengan sabun.

Nah, itu tadi lima manfaat cuka apel untuk kulit dan rambut. Semoga bermanfaat. (kawankumagz.com)