Find Us On Social Media :

Ini Risiko Malas Membersihkan Makeup Sebelum Tidur

By Birgitta Ajeng, Minggu, 8 Juni 2014 | 08:00 WIB

Ini Risiko Malas Membersihkan Makeup Sebelum Tidur

Intisari-Online.com - Malas membersihkan makeup sebelum tidur ternyata berbahaya bagi kulit. Berikut alasan terbesar kenapa kita wajib tidur tanpa makeup dan apa saja risiko malas membersihkan makeup sebelum tidur bagi kecantikan kulit.

1. Menyumbat pori

Wajah kita butuh bernafas sebanyak mungkin! Boleh saja menggunakan makeup setiap hari, tapi saat tidur kulit kita butuh relaksasi dan bersih agar bisa meregenasi dengan sempurna. Penggunaan makeup seharian bisa menyumbat pori kita yang nantinya memicu jerawat dan komedo pada kulit.

(Baca juga: 5 Cara Agar Terhindari dari Cedera Saat Olahraga)

2. Menempel pada bantal

Saat kita tidur, segala apapun pada wajah kita akan menempel pada bantal yang kita gunakan. Hal ini bisa membuat kulit dan rambut menjadi kusam serta bermasalah. Faktanya saat kita tidur dengan atau tanpa makeup, kita harus mengganti sarung bantal maksimal 2 minggu sekali supaya menghindari residu berbahaya yang mengiritasi kulit.

3. Iritasi mata

Kalau kita enggak membersihkan dengan baik sisa makeup yang menempel pada mata bisa menimbulkan masalah besar pada kemudian hari. Kimia dan kotoran secara perlahan akan menumpuk dan mengiritasi bagian mata kita. Meski belum terjadi kasus kebutaan, tapi iritasi akibat makeup bisa berubah menjadi fatal dan berbahaya.

(Baca juga: Inilah Penyebab Keringat Berlebihan)

4. Penuaan dini 

Kulit kita akan lebih mudah menua atau keriput kalau kita terbiasa menggunakan makeup berlebih. Apalagi tidur tanpa membersihkannya terlebih dahulu. Makeup bisa menyebabkan kulit menjadi stress yang memicu premature aging. Kerutan atau garis akan lebih cepat terlihat khususnya pada area mata, sekitar hidung dan bibir.

Nah, itu tadi risiko malas membersihkan makeup sebelum tidur bagi kecantikan kulit. Semoga bermanfaat. (kawankumagz.com)