Find Us On Social Media :

Bagi Wanita, Olahraga Picu Makan Lebih Banyak

By Ade Sulaeman, Rabu, 11 Juni 2014 | 06:00 WIB

Bagi Wanita, Olahraga Picu Makan Lebih Banyak

Intisari-Online.com - Ketika tengah berdiet, banyak orang yang cepat puas dengan banyaknya kalori yang berhasil dibakar dalam sekali waktu berolahraga. Alih-alih menjaga berat badan, umumnya wanita malah melahap makanan lebih banyak. Dengan kata lain, bagi wanita, olahraga memicu makan lebih banyak.

Menurut Michele Olson, PhD, profesor jurusan ilmu olahraga di Auburn University, usai olahraga kita justru terdorong untuk makan lebih banyak. Hal yang demikian lebih sering terjadi pada wanita.(Baca juga: Olahraga Setelah Makan Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Berlari selama 45 menit memang dapat membakar sekitar 474 kalori. Namun, bukan berarti kita boleh merayakan pencapaian tersebut dengan mengudap sepotong kue tart atau satu batang cokelat yang mengandung lebih kurang 1.200 kalori.

Tahukah Anda, mengonsumsi setengah potong saja, artinya kalori yang ada pada tubuh sebanyak 600 kalori. Maka, perjuangan selama 45 menit pun bisa jadi sia-sia dalam waktu hanya 10 menit saja.(Baca juga: Habis Olahraga? Jangan Makan Sayur Mentah!

Solusi sukses yang harus Anda terapkan agar kejadian serupa tak lagi terulang adalah menjaga nafsu makan dengan banyak minum air putih sebelum dan sesudah berolahraga. Untuk efek mengenyangkan, sediakan beberapa jenis buah-buahan, seperti apel, pir, atau pisang.

Menurut Heidi Skolnik, penulis buku Nutrient Timing for Peak Performance, menikmati musik sembari minum air putih usai berolahraga dapat meredam dampak olahraga yang memicu makan lebih banyak. Cara ini dianggap ampuh mengalihkan desakan untuk mengonsumsi jenis makanan yang manis dan menggemukkan. (kompas.com)