Find Us On Social Media :

5 Fakta Unik Tentang Tidur

By Birgitta Ajeng, Jumat, 13 Juni 2014 | 09:00 WIB

5 Fakta Unik Tentang Tidur

Intisari-Online.com - Beberapa penelitian menguak beberapa fakta unik tentang tidur. Fakta-fakta unik ini berhubungan dengan cara bermimpi, manusia, bahkan arti mimpi tersebut. Berikut ini lima fakta unik tentang tidur.

1. Bulan

Ternyata bulan bisa bikin manusia sulit tidur atau insomnia. Penelitian Universitas Basel, Swiss, melakukan penelitian pada beberapa responden. Mereka harus tidur secara rutin dalam beberapa fase bulan yang berbeda.

Hasil penelitian ini membuktikan, tiap fase ternyata berpengaruh pada tidur. Kita tidur lima menit lebih lama saat bulan purnama, dan lebih pendek selama 20 menit saat bulan sabit.

Manusia juga mengalami kesulitan tidur saat bulan purnama, berbeda saat fase bulan sabit. Saat melakukan penelitian, seluruh responden tidur dalam ruangan tertutup. Jadi mereka tidak tahu kalau saat itu terjadi fase bulan apa.

(Baca juga: 5 Cara Mengatasi Depresi)

2. Tidur dua kali

Kalau kita sering terbangun saat tengah malam, kondisi kita sangat normal. Penelitian membuktikan bahwa sebenarnya manusia terbentuk pada fase tidur dua kali. Studi ini membuktikan bahwa tubuh kita secara alami mengontrolnya sehingga membagi tidur menjadi dua kali.

3. Alkohol tidak bikin tidur lebih baik

Mitos yang selama ini dipercaya masyarakat kalau alkohol bisa membantu manusia untuk tidur lebih baik, ternyata salah besar. Menurut penelitian, efek alkohol mempengaruhi kualitas tidur pada manusia. Lebih dari 500 orang mengaku tidur mereka terganggu akibat hawa panas setelah minum alkohol.

Alkohol juga membuat pola tidur REM, yaitu tidur terlalu dalam yang mengakibatkan manusia merasakan halusinasi seperti terbangun. Perempuan lebih mungkin mengalami hal ini karena tubuh kita lebih cepat memproses alkohol daripada laki-laki. Kondisi terburuk dari efek alkohol lainnya adalah insomnia dan sleep apnea.

4. Paralisme tidur